PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA DI MIN 6 KOTA BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3334Keywords:
Manajerial Kepala Sekolah, Pengembangan Sarana PrasaranaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat peran manajerial kepala sekolah dalam pengembangan sarana dan prasarana di MIN 6 Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian verifikatif (kausalitas) yaitu suatu penelitian yang menjelaskan hubungan sebab-akibat dari dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian atau penelitian yang bertujuan menguji kebenaran hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 90 kepala sekolah, guru, dan karyawan. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment “peran manajerial kepala sekolah dalam pengembangan sarana dan prasarana di MIN 6 Kota Banda Aceh†dikatakan signifikan dengan nilai 0,719. Maka nilai 0,719 menunjukkan bahwa memiliki hubungan yang positif dan tingkat hubungan yang sangat kuat dengan dilihat dari interval koefisien korelasi antara 3,80 – 1,000. Hasil perhitungan regresi linier sederhana yaitu Y = 10.523 + 0,809X dan R Square sebesar 0,719 berarti bahwa peran manajerial kepala sekolah dalam pengembangan sarana dan prasarana sebesar 80,90%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ho) “Terdapat peran antara manajerial kepala sekolah dalam pengembangan sarana dan prasarana di MIN 6 Kota Banda Acehâ€. Sehingga hasil uji hipotesi dapat teruji kebenarannya dalam penelitian ini.References
Aan, Komariah, et. Al. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efaktif. Jakarta: P.T.Bumi Aksara, 2004.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Azizy, Qodri A. Pendidikan (Agama) untk Membangun Etika Sosial, Semarang: PT.Aneka Ilmu 2002.
Depdikbud. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 1993.
Kartono dan Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Margono, S. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Semarang: Rineka Cipta, 1996.
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Raflis, Kosasi dan Soetjipto . Profesi Keguruan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2004.
Sugionan, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).