EFEKTIVITAS METODE DEBAT PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS IV A MIN 3 KOTA BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3336Keywords:
Metode Debat, Peninkatan Motivasi SiswaAbstract
Tujuan penenlitian ini untuk melihat efektivitas metode debat pada tema indahnya kebersamaan terhadap peningkatkan motivasi siswa kelas IV A MIN 3 Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian verifikatif (kausalitas) yaitu suatu penelitian yang menjelaskan hubungan sebab-akibat dari dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian atau penelitian yang bertujuan menguji kebenaran hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa dan siswi kelas IV A. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment “efektivitas metode debat pada tema indahnya kebersamaan terhadap peningkatkan motivasi siswa kelas IV A MIN 3 Kota Banda Aceh†dikatakan signifikan dengan nilai 0,718. Maka nilai 0,718 menunjukkan bahwa memiliki efektivitas yang positif dan tingkat hubungan yang sangat kuat dengan dilihat dari interval koefisien korelasi antara 3,80 – 1,000. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier sederhana yaitu Y = 10.121+ 0,931X dan R Square sebesar 0,718 berarti bahwa efektivitas metode debat pada tema indahnya kebersamaan terhadap peningkatkan motivasi siswa kelas IV A MIN 3 Kota Banda Aceh sebesar 93,10%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ho) “Terdapat efektivitas metode debat pada tema indahnya kebersamaan terhadap peningkatkan motivasi siswa kelas IV A MIN 3 Kota Banda Acehâ€. Sehingga hasil uji hipotesi dapat teruji kebenarannya dalam penelitian ini.References
Darajat, Zakiah. dkk, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Kuncoro, Muradjat, Metode Kuantitatif: Teori dan Apikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: STIM YKPN, 2001.
Melvin, Siberman, L. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusa Media, 2006.
Mudzakir, Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, (Bogor: Litera Antar Nusa, 2004), hlm.431.
Nurdin, Syarifuddin. Basyiruddin Usman, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Sugiyono, Metode Peneltitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Downloads
Published
2017-12-17
Issue
Section
Artikel
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).