MADRASAH DINIYAH DALAM KONTEKS GLOBALISASI ( PROBLEMATIKA DAN SOLUSINYA)
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3348Keywords:
Madrasah Diniyah, Konteks GlobalisasiAbstract
Pendidikan adalah suatu tuntutan yang harus dilakoni semua individu manusia, mulai dari ayunan samapai liang lahat. Dewasa ini selain pendidikan formal khusus bagi anak-anak telah diterapkan pendidikan berbasis keagamaan dalam bentuk sekolah yang diberi nama Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah merupakan lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan dan pengajaran secara klasikal yang bertujuan untuk memberi tambahan pengetahuan agama Islam kepada siswa-siswa yang merasa kurang menerima pelajaran agama Islam di sekolahnya. Keberadaan Madrasah Diniyah ini sangat menjamur di masyarakat karena Madrasah Diniyah merupakan sebuah kebutuhan pendidikan yang mengkhuskan dibidang keagamaan. Penyelenggaraan Madrasah Diniyah mempunyai ciri berbeda dan beragam. Perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor yang mempengaruhinya, misalnya; latar belakang yayasan atau pendiri Madrasah Diniyah, budaya masyarakat setempat, tingkat kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan agama dan kondisi ekonomi masyarakat dan lain sebagainya. Perkembangan Madrasah Diniyah telah mengalami kemajuan pesat. Akan tetapi, dalam perjalanannya Madrasah Diniyah masih mengalami berbagai kendala, baik dalam sistem kurikulum, metode, pengelolaan, pendanaan, dan lain sebagainya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka pembenahannya perlu dikaji secara mendalam seluruh faktor yang mempengaruhinya.References
Abdurrahman Mas’ud, dkk, 2002, Dinamika Pesantren dan Madrasah , Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dan Pustaka Pelajar.
Ciyarti, 2009, Peran Madrasah Diniyah Nurul Anam dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Desa Kranji Kecamatan Kedungwuni Pekalongan, Semarang : IAIN Walisongo Semarang,
Hasbullah, 1999, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Ridlwan Nasir, 2010, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
SM, ismail, Huda, Nurul, Khoid, Abdul. 2002. Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakara: Pustaka Pelajar Offset.
Website http://aliyahcijulang.wordpress.com/2010/04/08/makalah-diniyah/
Downloads
Published
2017-06-19
Issue
Section
Artikel
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).