TAHAP PROFESIONALISME GURU DUAL JOBS JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI KOTA BANDA ACEH

Lailatussaadah Lailatussaadah, Salma Hayati, Cut Nelvi Ariska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap profesionalisme guru Sekolah Dasar di Kota Banda Aceh dalam persepsi peserta didik. Dual Jobs bisa diartikan sebagai peran ganda, peran ganda merupakan bagian yang dimainkan individu pada setiap keadaan dan cara tingkah lakunya untuk menyelaraskan diri dengan keadaan. Dual jobs sering diperankan oleh profesi guru yang memiliki tugas profesional. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei melalui pembagian angket kepada 271 responden (peserta didik). Analisis data menggunakan statistik deskriptif (frekuensi, mean dan persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap profesionalisme guru dual jobs dalam persepsi peserta didik adalah sedang, baik dilihat pada aktifitas pengajaran dan pembelajaran maupun aktifitas non-jobs pembelajaran. Penelitian ini mengimplikasikan pada dampak aktifitas guru dual jobs di lingkungan sekolah terhadap rendahnya kualitas proses dan hasil pembelajaran.


Keywords


Profesionalisme Guru, Dual Jobs, Aktifitas, Pengajaran dan Pembelajaran, Non-Jobs Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Affifudin. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Jawa Barat: Pustaka Setia, 2014.

Azazah Indrayani. “Pengaruh Konflik Peran Ganda Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Perawat Wanita Di Rumah Sakit,” 2009.

Desilawati dan Amrizal. “Guru Profesionalisme Di Era Global.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 20(77) (2014).

Edi Hendri. “Guru Berkualitas: Profesional Dan Cerdas Emosi.” Jurnal Saung Guru 1(2) (2010).

H.A.R Tilaar. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional: Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia, 1999.

Kunandar. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

M. Shabir U. “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak, Dan Kewajiban, Dan Kompetensi Guru).” Jurnal Auladuna 2(2) (2015).

Muhammad Rohman dan Sofan Amri. Manajemen Pendidikan Analisis Dan Solusi Terhadap Kinerja Manajemen Kelas Dan Strategi Pengajaran Yang Efektif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, n.d.

Novita Wijanarti. “Evaluasi Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Berdasarkan Prinsip Good Governance Di Sekolah Dasar.” Jurnal Manajemen Pendidikan Magister FKIP Universitas Kristen Satya Wacana 3(2) (2016).

Nurharwanti. “Motivasi Guru Yang Memiliki Pekerjaan Sampingan.” In Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah, 2013.

W.J.S. Poerwadarminta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1986.

Yusutria. “Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia.” Jurnal Curricula 2(1) (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter