STRATEGI DAN ARAH PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI JENJANG PENDIDIKAN DASAR

Nidawati Nidawati

Abstract


Pendidikan akhlak sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh lembaga dalam rangka untuk membentuk dan membina tabi’at, budi pekerti yang baik, mulia, dan terpuji. Sedangkan pembentukan akhlak yang baik di kalangan pelajar dapat dilakukan dengan latihan-latihan berbuat baik, takwa, berkata benar, menepati janji, ikhlas dan jujur dalam bekerja, tau kewajiban membantu yang lemah, berdikari, selalu bekerja dan tau harga waktu. Begitu pentingnya pembinaan akhlak pada peserta didik karena salah satu faktor penyebab kegagalan pendidikan Islam selama ini karena peserta didik banyak yang kurang dan masih rendah akhlaknya. Hal ini karena kegagalan dalam menanamkan pembinaan akhlak. Dalam mempelajari pendidikan Islam haruslah di mulai sejak usia dini yaitu pada jenjang dasar. Pembelajaran sejak usia dini lebih efektif dan akan memiliki banyak hal positif  karena arah atau tujuan dalam pendidikan Islam pada jenjang dasar, pelajaran merupakan tujuan yang harus dicapai sebagai tujuan utama dari pendidikan Islam. Pembelajaran dapat dilakukan dengan mengajarkan rukun Islam dan rukun Iman yang merupakan hukum dasar Islam yang sesuai dengan anak sekolah dasar. Arah dan tujuan sebagai pencapaian akhir yang diharapkan mampu terwujud dalam pendidikan Islam agar segala sesuatu yang berhubungan dengan keberlangsungan generasi Islam yang berilmu pengetahuan Islam dengan sempurna.


Keywords


Akhlak, Strategi dan Arah

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman An-Nahlawi, Ushulut Tarbiyah Islamiyyah Wa Asalibiha fii Baitil wal Madrasti wal Mujtama’, Penerjemah, Shihabuddin, (Jakarta: Gema Insan Press, 1996)

Ahmad Dimyathi Badruzzaman, Panduan Kuliah Agama Islam, (Bandung: Sinar Baru, 2004)

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (2002)

Azumardi Azra, Pendidikan Islam; Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Milenium III, (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2012)

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah dan Penjelasan Ayat Ahkam, (Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2006)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2003)

Dicky Wirianto, Meretas Pendidikan Karakter Perspektif Ibn Miskawah dan John Dewey, (Banda Aceh, PENA, 2013)

Imam Tholkhah Dan Ahmad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan Mengurai Akar Tradisi Dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2004)

Muhammad bin Ibrahim al-Hamd, Maal Muallimin, Penerjemah Ahmad syaikhu, (Jakarta: Darul Haq, 2002)

Muhammad Fadhillah dan Lilif Mualifatu Khorida, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2003)

M. Zainuddin, Paradigma Pendidikan Terpadu, Menyiapkan Generasi Ulul Albab, (Malang: Uin-Malang Press, 2008)

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2010)

Zuhairini, ddk, Metodik Khusus Pendidikan Islam, (Surabaya: Usaha Nasional, 1983)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: Jurnal Pendidikan