ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DASAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6234Keywords:
Perkembangan, Aspek-Aspek BahasaAbstract
Perkembangan bahasa anak yaitu keahlian yang digunakan untuk komunikasi bersama yang lain. Ada beda mendalam tentang arti dari bahasa & berbicara, bahasa meliputi hal yang lebih luas yaitu meliputi semua komunikasi diucapkan langsung berupa tulisan, ucapan, kode tubuh, dan bahasa isyarat. Kalau berbicara merupakan ucapan yang melambangkan komunikasi paling efektif juga sering digunakan orang untuk menyampaikan pesan. Tujuan dari jurnal ini ialah untuk memperhatikan aspek-aspek perkembangan bahasa anak usia dasar dalam pembelajaran. Mini riset ini dilaksanakan di kelas 1 SDN Tajem dan berdasarkan mini riset yang dilakukan pada aspek perkembangan bahasa anak usia dasar dalam pembelajatan setiap anak berbeda-beda baik dari aspek kosa kata, sintaksis (tata bahasa), semantic, fonem, fonologi, morfologi dan sintaksis yang mepengaruhi proses pembelajaran.
References
Aswamulan Tri dan Junita Dwi Wardhani. Perkembangan Fisik, Motorik dan Bahasa. (Surakarta: Qinant,2011)
Bujuri, D. A. Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan, 2018), 9(1), 37.
Dahlan Djawad, Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, (Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2016)
Hurlock Elisabet, Perkembangan Anak Jilid I (Jakarta:Erlangga, 1978)
Marliani Rosleny, Psikologi Perkembangan. (Bandung: CV Pustaka Setia, 2015)
Marliani Rosleny, Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2016)
Rizkiyana Mar’ah, Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Bergambar Kelompok A Di Tk Aisyiah Bustanul Athfal Wates Gadingrejo Pringsewu, UIN Raden Intan Lampung, 2019)
Rudianto Ahmad, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. (Metro Lampung: CV Laduny Alifatama, 2018)
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Penertbit Alfabeta, 2016)
Susanto Ahmad, “Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspeknya)”. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012)
Susanto Ahmad, Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017)
Tadkirotun Musfiroh, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010)
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).