Rancangan Modul Positive Psychotherapy Husnu-dzhan Dalam Menurunkan Derajat Stress Pada Penderita Hipertensi

Liliza Agustin, Mukhlis Mukhlis

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi tingginya derajat stress pada pada penderita Hipertensi. Adanya upaya melahirkan intervensi psikologi islami, maka peneliti merancang sebuah modul Positive Psychotherapy Husnu-dzhan. Studi yang digunakan  berupa penelitian dan pengembangan metode. Positive Psychotherapy Husnu-dzhan merupakan psikoterapi teistik yang merupakan pengembangan dari model positive psychotherapy dari Duckworth, Steen & Seligman (2005). Hal yang membedakan adalah konseptualisasi dan penekanan intervensinya dalam beberapa segi. Positive Psychotherapy Husnu-dzhan memiliki dimensi vertical (teistik) yang menggunakan nilai-nilai Husnu-dzhan sebagai acuan dalam mengubah pikiran, perasaan dan perilaku sehingga menurunkan derajat stress pada penderita Hipertensi. Pengembangan metode yang dilakukan adalah menggabungkan konsep Husnu-dzhan dalam wadah Positive Psychotherapy sebagai intervensi psikologi. Harapannya, Positive Psychotherapy Husnu-dzhan  dapat diterapkan, dilakukan penelitian, dan bisa dipertimbangkan sebagai intervensi tunggal atau intervensi tambahan khususnya bagi Muslim.

Keywords


Possitive Psychotherapy Husnu-dzhan, Derajat Stress Pada Penderita Hipertensi

References


DAFTAR PUSTAKA

Adib, M. (2009). Cara Murah Memahami Dan Menghindari Hipertensi, Jantung Dan Stroke. Jakarta :EGC

AprilianiD. (2011) Ayat Ayat Al-Qur'an Tentang Akhlak.(http://dwitaapriliani.blogspot.com/2011/05/ayat-ayat-al-quran-tentang-akhlak.html) Diakses tol 05 okt 2013

Australian Centre for Posttraumatic Mental Health. (2013). Depression Anxiety and Stress Scale. Diakses Tanggal 25Februari 2014 Darihttp://www.acpmh.unimelb.edu.au/sit e_resources/TrainingInitiativeDocuments/follow-up/DASS.pdf

Al Ghazali, Imam. (1999). Ihya’ Ulumuddin: Semarang: CV As Syifa.

Anggraini,A.D.,Waren,A.,Situmorang,E.,Asputra,H&Siahaan, S.S. (2009).Faktor-faktor YangBerhubungan Dengan Kejadian Hipertensi PadaPasien Yang Berobat Di Poliklinik

Dewasa Puskesmas Bangkinang Periode Januari Sampai Juni 2008.Universitas Riau, FK UNRI, Riau :Tidak Diterbitkan

American Psychological Association (APA). (1999). Standards for Educational and Psychological Testing. Washington, D.C.: American Educational Research Association

Azwar, S. 2004. Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Cormier, LJ. &Cormier, L.S. 2009. Interviewing Strategies for helpers. 7 ed Montery, California: Brook/Code Publishing Company.

Corey, Gerald. 2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Dharmmesta, B.S. 1998. Theory of Planned Behavior dalam Penelitian Sikap, Niat dan Perilaku konsumen. Yogyakarta : UGM Bussiness Review. No.18/VIII/1998..

Ghazali, M. Bahri. (2001). Konsep Ilmu Menurut Al Ghazali suatu tinjauan Psikologi Pedagogik: Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya

Guglielmino. L.M & Guglielmino, P.1. (1991). The learning preference assessment. Don mills, Ontario: Organization Design and Development inc.

Guglielmino, L.M. & P.J. Guglielmino. (2006). Expanding Your readiness for self directed learning. Don Mills, Ontario: Organization Design and Development Inc.

Hiemstra. (1994). Self-Directed Learning. In T. Husen & T. N. Postlewaite (Eds), The International Encyclopedia of Education (second edition) Oxford: Porgomon Press.

Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Alih bahasa: Dra. Istiwidayanti dan Drs. Soedjarwo, M.Sc. Jakarta:Erlangga.

Jeongah, K. 2003. A Stuctural Equation Modeling Analysis Of The Effect of Religion on Adolescent Delinquency Within an Elaborated Theoretical Model: The Relationship After Considering Family, Peer, School, AndNeighborhood Influence. Ohio: The Ohio State University Publised..

Komalasari, Gantina, Wahyuni Eka, dan Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: PT Indeks.

Mahoney, J.,Cairns, B.,Farmer, T. 2003. Promoting Interpersonal Competenceand Educational Success Through Extracurricular Activity Participation. Journal of Educational Psychology 2003, Vol.95 No.2, 409 – 418.

Merriam, S B, Caffarella, R S 1991 Learning in Adulthood: A Comprehensive Guide. Jossey-Bass Publishers, San Francisco, California

Mujib, Abdul. (2004). Islam dan Psikologi: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Noor, Hasanudin. (2009). Psikometri Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku: Bandung: Fakulatas Psikologi UNISBA.

Najati, Ustman. (2008). The Ultimate Psychology Sempurna Nabi SAW: Bandung: Pustaka Hidayah.

Taufiq, Muhammad Izzuddin. (2006). Psikologi Islam: Jakarta: Gema Insani.

Seligman, M. E. P. (2002). Authentic happiness: Using the new positive psychology to realize your

potential for lasting fulfllment. New York.

Seligman, M. E. P., Steen, T. A., Park, N., & Peterson, C. (2005). Positive psychology progress:

EmpiricalvalidationofinterventionsAmericanPsychologist. 60, 410 - 421.

Seligman,M.E.P.,Rashid,T.,&Parks,A.C.(2006).Positive psychotherapy. American Psychologist.

, 774 –788

Shihab, Quraish. 2000. Tafsir Al-Misbah Volume 2. Jakarta: Lentera Hati

Shihab, Quraish. 2000. Tafsir Al-Misbah Volume 3. Jakarta: Lentera Hati

Shihab, Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah Volume 4. Jakarta: Lentera Hati

Yallom, LD. (1985), The Theory and Practice of Group Psychoterapy Fifth Edition. New York: Basic Book.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v7i1.10863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All Publications


PSIKOISLAMEDIA
© Psikoislamedia:  Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry
All right reserved 2017

Indexed By:

Flag Counter