MENULIS EKSPRESIF UNTUK ANAK JALANAN: “SUATU METODE TERAPI MENULIS DALAM DIARY MELALUI MODUL EKSPERIMENâ€

Ida Fitria, Syarifah Faradina, Fathi Rizqina, Taifatul Jannah, Ayu Fajri, Fajmal Hadi, Ratna Maya Sari, Nurul A'la

Abstract


Perancangan modul experimen adalah langkah awal suksesnya sebuah penelitian, terutama dalam penelitian experimental secara kuantitatif maupun kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sebuah modul eksperimen menulis ekspresif yang dirancang oleh peneliti berdasarkan pada rancangan umum dari Pannebaker dan Chung (2007). Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif-eksperimen, Uji T-Dua Sampel yang Berpasangan (Paired-Samples T Test) pada kelompok eksperimen pre dan post test. Tolak ukur keberhasilan modul dinilai dari penurunan kecemasan sosial partisipan pada skala SKS-R dari hasil perbandingan mean pre dan post-test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menujukkan keberhasilan pengaplikasian modul menulis ekspresif dengan penurunan 5,2 dari nilai range mean skala kecemasan sosial sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai t yang signifikan. Hasil penelitian ini berkontribusi untuk penambahan sarana pelayanan di panti asuhan untuk mengarahkan anak panti asuhan untuk menulis ekspresif dalam bentuk diary. Kontribusi ini akan memberi dampak positif bagi kesejahteraan psikologis mereka, mengingat di panti asuhan jumlah pengasuh dengan anak panti asuhan berbanding jauh. Dengan adanya penelitian ini maka pihak panti asuhan dapat menggunakan sarana menulis sebagai alternatif dan tempat anak panti asuhan berkeluh kesah tanpa batasan.

Keywords


modul eksperimen, menulis ekspresif, diary, kesejahteraan psikologis, anak panti asuhan.

Full Text:

PDF

References


Chaplin, J.P. 2009. Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan). Jakarta : PT. Raja Grafindi Persada

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Falk, T. H., Tam, C., & Schwellnus, H. 2010. Grip Force Variability and Its Effects on Children’s Handwriting Legibility, Form, and Strokes. Jurnal of Biomechanical Engineering. 132. 114504-1

Freire, J. M. G. A ., Leite, A. C. de C., Bueno, D. S., dkk. 2005. Reading and Writing: Psychoanalytical Treatment In A Case Of Paranoia. The American Journal of Psychoanalysis. 65. (3)

Greca, A. M. La. 1999. Social Anxiety Scale For Children and Adolescents. University of Miami

Hapsari, M. I., & Hasanat, N. U. 2006. Efektivitas Pelatihan Keterampilan Sosial pada Remaja dengan Gangguan Kecemasan Sosial. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Hastono, S. P. 2001. Analisa Data. Depok : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Hidayati, DM. R. 2008. Menulis Pengalaman Emosional Menuju Ikhlas : Kasus Narapidana. Fakultas Psikologi. Universitas Muhamadiyah Surakarta. Tidak diterbitkan

Hidayat, R., Singgih W.S., & Indiati, A. 1996. Anteseden Perkembangan dari Kepencemasan Sosial. Jurnal Psikologi. (1) 21-32

Kállay, É., & Băban, A. (2008). Emotional Benefits Of Expressive Writing In A Sample Of Romanian Female Cancer Patients, XII(1), 115–129.

Ledley, D. R., Heimberg, & R. G. 2006. Cognitive Vulneranility To Social Anxiety. Journal of Social and Clinical Psychology. 25 (7) 755-778

Money, M., Espie, C. A., Broomfield, N. M. (2009). An Experimental Assessment of a Pennebaker Writing Intervention in Primary Insomnia. Behavioral Sleep Medicine: Routledge. 7:99–105, DOI: 10.1080/15402000902762386

Seniati, L., Yulianto, Ar., & Setiadi, B. N. 2008. Psikologi Eksperimen. Jakarta : Indeks

Siswanto. 2007. Kesehatan Mental : Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Yokyakarta : Penerbit Andi

Snyder, C. R., & Lopez, S. J. 2005. Handbook of Positive Psychology. New York : Oxford University Press

Utami, D. S., Kumara, A. 2003. Ekspresi Menulis dan Menggambar sebagai Media Terapi. Jurnal Psikologi. (1) 1-22

Pennebaker, J.W., & Francis, M.E. (1996). Cognitive, emotional, and language processes in disclosure. Cognition and Emotion, 10, 601-626.

Pennebaker, J. W. 1997. Writing About Emotional Wxperiences As A Therapeutic Process. Psychologycal Science. 8 (3) May. 162-166

Pennabaker, J.W., Graybeal, A. (2001). Patterns of natural language use: disclosure, personality, and social integration. Directions in Psychological Science, June.

Pennebaker, J.W. & Harber, K.D. (1993). A social stage model of collective coping: the Loma Prieta earthquake and the Persian Gulf War. Journal of Social Issues, 49, 125- 145.

Pennebaker, J.W., Zech, E, Rimé, B. (2001). Disclosing and sharing emotion: psychological, social and health consequences. In In M.S. Stroebe, W. Stroebe, R.O. Hansson, & H. Schut (Eds.). Handbook of bereavement research: Consequences, coping, and care. (pp. 517-539). Washington DC: American Psychological Association.

Pennebaker, J. W., & Chung, C.K. (in press). 2007. Expressive Writing : Connections to Physical and Mental Health, Oxford Handbook of Health Psychology. New York : Oxford University Press

Purwandari, E., & Hadi, S. 2005. Pengaruh Menulis Pengalaman Emosional Terhadap Memory Otobiografi dan Depresi pada Remaja yang Menjalani Rehabilitasi NAPZA. Sosiosains. Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. 18 (2)

Prawirtasari, J. E., Siswanto. 2003. Pengaruh Menulis Pengalaman Emosional Terhadap Simtom-simtom Depresi Pada Mahasiswa. Sosiohumanika. 16A (1)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All Publications


PSIKOISLAMEDIA
© Psikoislamedia:  Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry
All right reserved 2017

Indexed By:

Flag Counter