IMPULSE BUYING PADA MAHASISWA DI BANDA ACEH

Eka Dian Aprilia, Rasulika - Septila

Abstract


Impulse buying adalah proses pembelian yang dilakukan oleh konsumen tanpa mempertimbangkan kebutuhan suatu produk dan tidak melewati tahap pencarian informasi terhadap suatu produk serta sangat kental unsur emosionalnya. Impulse buying dapat terjadi pada laki-laki maupun perempuan yang umumnya berada pada taraf usia remaja akhir dan dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan impulse buying pada mahasiswa di Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang berusia 18-21 tahun berjumlah 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala impulse buying sebanyak 48 aitem. Metode analisis data yang digunakan penelitian ini adalah metode statistik, dengan teknik komparasi dengan hasil t-test independent samples adalah sebesar 0,030< t tabel yaitu 1,664. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan impulse buying pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala ditinjau dari jenis kelamin.

Keywords


Impulse Buying, Mahasiswa, Remaja

Full Text:

PDF

References


Anin, A,. Rasimin, B. S., & Atamimi, N. (2008). Hubungan self monitoring dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada remaja. Jurnal psikologi, 35(2), 181-193.

Astari, L. W., & Widagda K, I. (2014). Pengaruh perbedaan jenis kelamin dan kontrol diri terhadap keputusan pembelian impulsif produk parfum. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(3).

Astuti. (2005). Perbedaan efektifitas pemberian diskon harga dan pemberian merchandise unik dalam memunculkan perilaku pembelian impulsif pada remaja . Yogyakarta. Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada

Azwar, S. (2007). Metode penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2007). Pengembangan skala psikologi. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Friedman, H. S dan Schustack, M, W. (2006). Kepribadian: teori klasik dan modern.

Henrietta, p. (2012). Impulsive buying pada dewasa awal di yogyakarta. Jurnal Psikologi Undip, 11(2), 6.

Indonesia, T. R. K. B. B. (2005). Kamus besar bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Cetakan ketiga. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI dan Balai Pustaka.

Ma’ruf, B. (2006). Manajemen ritel, Yogyakarta : ANDI OFSET

Mulyono, F. (2012). Faktor demografis dalam perilaku pembelian impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Munandar, A.S. (2001). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Rook, D. W. (1987). The impulsive buying. Journal of consumer research, 14(2), 305-313.

Swanita. (2012). Perbedaan impulse buying produk fashion pada komunitas hijabers dan non hijabers di kota medan (Skripsi) Universitas Sumatera Utara.

Tifferet, S., & Herstein, R. (2012). Gender differences in brand commitment, impulse buying, and hedonic consumption. Journal of Product & Brand Management, 21(3), 176-182.

Wathani, F. (2009). Perbedaan kecenderungan pembelian impulsif produk pakaian ditinjau dari peran gender. Diunduh dari : http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/14527.

Winawan, B., & Kerti Yasa, N. N. (2014). Pengaruh penataan produk, jenis kelamin, dan daftar belanja terhadap keputusan pembelian tidak terencana (studi kasus pada konsumen ritel di Kota Denpasar). E-jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(7).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v2i2.2449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All Publications


PSIKOISLAMEDIA
© Psikoislamedia:  Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry;
All right reserved 2017

​

Indexed By:

          â€‹ 

​

Flag Counter