PENGARUH METODE FOUR STEP STEINBERG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK AUTIS RINGAN DI SEKOLAH KHUSUS PELITA BUNDA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v10i1.27393Keywords:
Autis, Four Step Steinberg, Membaca PermulaanAbstract
Membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh semua pembaca, termasuk anak dengan autisme. Penelitian ini menerapkan metode Four Step Steinberg dengan bantuan media visual untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh metode Four Step Steinberg terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak autis ringan. Populasi terdiri dari 17 anak, dengan sampel sebanyak 6 siswa dari Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen dan one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket awal, sedangkan kemampuan membaca diukur menggunakan lembar observasi dan checklist. Hasil uji t berpasangan menunjukkan rata-rata = -41.00000, t = -17,536, dan p = 0,000 (p < 0,05), menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan membaca permulaan. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Four Step Steinberg berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak autis ringan.References
Apriani, P. B. (2023). Perancangan Fasilitas Terapi Dan Pengembangan Bakat Bagi Anak Penderita Autis Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Dewi, N. N. krismasari, Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364
Fadhlillah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Pendekatan Four Step Steinberg Di Paud Al-Hidayah Gunung Pati. Litera, 5(2), 219–232.
Kasmawati, Nur, M. N. A., Juwariyah, A., & Sari, S. J. P. (2022). Design Of Early Reading Learning Media With Digital-Based Steinberg Methods In Elementary Schools. Journal of Positive …, 6(11), 2283–2293. https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/14408%0Ahttps://journalppw.com/index.php/jpsp/article/download/14408/9345
Khoiriyah, I., & Jaya, A. F. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penggunaan+media+busy+book+untuk+menstimulasi+kemampuan+membaca+ank&btnG=#d=gs_qabs&t=1700084611338&u=%23p%3DnEAaVj7eeBIJ
Nally, A., Healy, O., Holloway, J., & Lydon, H. (2018). An analysis of reading abilities in children with autism spectrum disorders. Research in Autism Spectrum Disorders, 47, 14–25. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2017.12.002
Nurhastuti, M. I. B. (2018). Pendidikan Anak Autisme (T. Pena (ed.)). Goresan pena.
Nurohman, I. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Autistik Kelas VI Sdlb Di Skh Negeri 02 Lebak. Jurnal Unik, 3(1)
Nurrahma, Bachtiar, M. Y., & Syamsuardi. (2023). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Edutainment, 11. https://edutainment.unmuhbabel.ac.id/index.php/Edutainment/article/view/772%0Ahttps://edutainment.unmuhbabel.ac.id/index.php/Edutainment/article/download/772/173
Permendikbudristek. (2021). Pedoman Program Kebutuhan Khusus Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial Dan Perilaku Bagi Peserta Didik Autis.
Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372
Pertiwi, S. I. (2019). Penggunaan Metode Four Step Steinberg Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3).
Rachmawaty, M. (2017). Penigkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Dinding Kata (Word Wall). Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 2(1), 28–44. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp28-44
Salsabilah, A. S., Muzamil, I. N., Juardi, I. F., Afifah, N. P. N., Herdiansyah, R. F. P., & Prihatini, P. (2024). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(02), 11943–11950. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5003
Wulandari, R. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Busy Book Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Bina Balita Bandar Lampung. Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, 34(8), 709.e1-709.e9. http://dx.doi.org/10.1016/j.jaad.2013.01.032
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)