ADAPTASI ALAT UKUR EXPANDED MULTIDIMENSIONAL TURNOVER INTENTION SCALE (EMTIS)

Authors

  • Maryam Alifah Hanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Yohana Koronka Adi Yuwana Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Taufiq Nur Wicaksono Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Yulius Liq Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Anwar Anwar Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v10i1.28691

Keywords:

Adaptation of measuring instruments, turnover intention, generation z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi alat ukur Expanded Multidimensional Turnover Intention Scale (EMTIS) pada karyawan generasi Z. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 182 orang. Alat ukur ini dikembangkan oleh Ike, dkk. (2023) merupakan instrumen yang terdiri dari 5 dimensi, yaitu status sosial subjektif, budaya organisasi, orientasi pribadi, ekspektasi, dan jenjang karier dengan 25 item. Proses adaptasi mengikuti standar ITC Guidelines for Translating and Adapting Test (ITC, 2018). Analisis reliabilitas dilakukan dengan mencari koefisien alpha Cronbach, dan validitas dilakukan dengan menggunakan Corrected Item Total Correlation dan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil menunjukkan bahwa Expanded Multidimensional Turnover Intention Scale (EMTIS) versi Bahasa Indonesia memiliki konsistensi internal yang tinggi (α = 0.966) dan validitas konstruk koefisien Corrected Item Total Correlation berada antara 0.367 – 0.848. Selain itu, validitas konstruk berdasarkan Confirmatory Factor Analysis menunjukkan model fit. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa 25 item yang terdapat dalam Expanded Multidimensional Turnover Intention Scale (EMTIS) yang sudah diadaptasi dapat digunakan untuk mengukur Turnover Intention pada karyawan generasi Z di Indonesia

References

Afandi, A., Wicaksono, B., & Satwika, P. A. (2022). Peran kepemimpinan autentik dan person-job fit terhadap turnover intention pada karyawan generasi Z. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 13(3), 282–293. https://doi.org/10.26740/jptt.v13n3.p282-293

Astari, K., Kadiyono, A. L., & Batubara, M. (2022). Adaptasi alat ukur the employee engagement scale (EES). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 511–520.

Batarlienė, N., Čižiūnienė, K., Vaičiūtė, K., Šapalaitė, I., & Jarašūnienė, A. (2017). The impact of human resource management on the competitiveness of transport companies. Procedia Engineering, 187, 110–116. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.04.356

Chillakuri, B. (2020). Examining the role of supervisor support on generation Z’s intention to quit. American Business Review, 23(2), 408–430. https://doi.org/10.37625/abr.23.2.408-430

Fajriyanti, Y., Rahmah, A. H., & Hadiyanti, S. U. E. (2023). Analisis motivasi kerja generasi Z yang dipengaruhi oleh lingkungan kerja dan komitmen kerja. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(1), 107–115. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i1.808

Friedenberg, L. (1995). Psychological testing: Design, analysis, and use. Allyn & Bacon.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis: A global perspective (seventh ed). Pearson Education.

Hooper, D., Coughlan, J., & R. Mullen, M. (2008). Structural equation modelling: Guidelines for determining model fit. Electronic Journal of Business Research Methods, 6(1), 53–60.

Iin, H., Kartini, K., Viella, O. L., Vlarisa, V., Wyandini, D. Z., & Hidayat, G. U. M. (2024). Adaptasi alat ukur dating anxiety scale for adolescents (DAS-A) versi bahasa indonesia. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 22(2), 96–109. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jkss.v22i2.67397

Ike, O. O., Ugwu, L. E., Enwereuzor, I. K., Eze, I. C., Omeje, O., & Okonkwo, E. (2023). Expanded-multidimensional turnover intentions: scale development and validation. BMC Psychology, 11(1), 271. https://doi.org/10.1186/s40359-023-01303-2

Downloads

Published

2025-05-01

Issue

Section

Articles