Volume 10, Issue 2 (2025)
Resiliensi Akademik Ditinjau Dari Regulasi Emosi Dan Dukungan Orang Tua (Studi Korelasional Pada Siswa SMK)
Affiliation Details
  • Nurul Ilmiyah: Universitas Yudharta Pasuruan
  • Laurensius Laka: STP- IPI Malang

Abstract

Resiliensi akademik yang buruk dapat mengakibatkan stres, penurunan motivasi belajar, kesulitan mengatasi masalah akademik dan burn out yang akhirnya dapat berujung pada risiko putus sekolah. Resiliensi akademik dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh regulasi emosi dan dukungan orang tua terhadap resiliensi akademik siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Purwosari, dengan populasi sasaran siswa RPL, APHP, dan Mekatronik. Sampel penelitian berjumlah 191 siswa yang diambil menggunakan teknik proportionate random sampling. pengumnpulan data menggunakan kuesioner, dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing variabel independen (regulasi emosi dan dukungan orang tua) terbukti berpengaruh terhadap resiliensi akademik (Sig.t = 0,000 < 0,05). Demikian pula secara simultan, kedua variabel independen ini juga terbukti berpengaruh terhadap resiliensi akademik siswa objek studi (sig.F = 0,000 < 0,05). Dengan demikian, baik secara parsial maupun simultan, seluruh hipotesis yang diajukan terbukti 'diterima'.

13

TOTAL VIEWS

13

DOWNLOADS

ALTMETRICS