Prostitusi Remaja dan Ketahananan Keluarga

Ulfiah Ulfiah, Neng Hannah

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh kompleksitas persoalan prostitusi dan ketahanan keluarga dalam berbagai aspek dan dimensinya. Kompleksitas tersebut dilingkupi oleh berbagai aspek seperti faktor ekonomi, sosial, politik, budaya, pengaruh global dan aspek lain yang turut memberikan dampak terhadap maraknya prostiusi remaja yang berimplikasi pada tercabiknya tatanan dan ketahanan keluarga pada kehidupan sosial kemasyarakatan di Cianjur. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, Untuk mengungkapkan fenomena prostitusi remaja putri di Cianjur dilihat dari karakteristik tempat prostitusi, karakteristik pelaku dan korban serta mekanisme prostitusi yang terjadi; dan Kedua, Untuk mengetahui bagaimana kondisi ketahanan keluarga remaja putri yang menjadi korban. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menguji teori sebagai sebuah fenomena di lapangan melalui pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap realita yang terjadi pada remaja putri yang terlibat pada kegiatan prostitusi. Terhadap temuan hasil lapangan dimaksud kemudian dianalisis dengan metode genealogi Foucault sehingga Peneliti mengidentifikasi kekuasaan-kekuasaan apa/mana saja yang berkaitan dengan fenomena prostitusi remaja putri dan ketahanan keluarga. Hasil penelitian diperoleh bahwa, Prostitusi remaja putri di Cianjur dilihat dari karakteristik tempat prostitusi, karakteristik pelaku dan korban serta mekanisme prostitusi yang terjadi, dalam penelitian ini ditemukan ada empat macam pelaku perdagangan anak untuk prostitusi, yaitu pacar, teman, dan mucikari. Bagi sebagian besar pelaku yang terlibat dalam perdagangan anak untuk prostitusi ini, keterlibatan mereka merupakan pekerjaan sampingan. Namun ada pula beberapa orang di antaranya yang menjadikan pekerjaan tetap. Para pelaku tidak mempunyai keterikatan formal apa pun dalam sindikat perdagangan anak dengan tujuan prostitusi ini. Kemiskinan dan gaya hidup merupakan karakteristik korban perdagangan anak yang dilacurkan dan yang paling dominan ditemukan selama penelitian. Hal tersebut tercermin melalui beberapa hal, antara lain, dari kondisi fisik tempat tinggal korban, status pekerjaan orang tuanya dan tingkat pendidikan korban. Adapun ketahanan keluarga remaja putri yang menjadi korban, bedasarkan observasi dan wawancara menunjukkan adanya ketahanan keluarga yang lemah, seperti halnya ketahanan agama, fisik ekonomi, psikologis, dan aspek sosial budaya.

Keywords


Prostitusi remaja dan ketahanan keluarga

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. Psikologi Belajar. Jakarta. PT Rineka Cipta. 1991.

Agung, Bambang “Michel Foucault tentang Kekuasan”, Majalah Driyakara, tahun XXI no 2, 1996.

Anwar, Desentralisasi Spasial melalui Pembangunan Agropolitan, Dengan Mereplikasi Kota-kota Menengah Kecil di Wilayah Perdesaan. Buletin Tata Ruang . 1999.

Arivia, Gadis. Filsafat Berperspektif Feminis. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan, 2003.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

Boeang, Kondrad Kebung. Michel Foucault Parhesia dan Persoalan Mengenai Etika, Jakarta: Penerbit Obor, 1997.

Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif(Jakarta : Raja Grafindo Persada 2010).

Creswell, John W. Research Design:Pendekatak Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Euis Sunarti. Worshop Diagnostik Ketahanan Keluarga, Bogor, 2017.

Fathonah, Rini. Analisis terhadap Faktor Penyebab Prostitusi Pada Anak dalam Jurnal Ilmu Hukum. Fiat Justitia Volume 9 No 2 April- Juni 2015.

Goodman, Douglas J & George Ritzer. Terjemahan oleh Alimandan, Teori Sosiologi Modern, Jakarta: PT.Gramedia, Edisi 6, 2005.

Haryatmoko. “Kekuasaan Melahirkan Anti-Kekuasaan ; Menelanjangi Mekanisme dan Teknik Kekuasaan Bersama Foucault”, Makalah Kuliah Umum Filsafat Sosial 25 Maret 2013 di Jurusan Aqidah Filsafat Fakultas Ushuluddin UIN Bandung, 5. Artikel ini pernah dimuat di Majalah BASIS no: 01-02 Tahun ke 51, Februari 2002.

Holzner, Brigitte dan R. Saptari. “Research Appoach” Dalam Brigitte Holzner, Gender Methodology in Agricultural Project, (Netherland: Departement of Gender Studies in Agricultural, Weagning University)

Hurlock. Elizabeth B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Ke-Lima. Alih Bahasa Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta : Erlangga, 1980.

http://www.beritasatu.com/nasional/301396-modus-perdagangan-orang-makin-beragam.html). diakses 19 April 2017 pukul 22.25 WIB http://www.harianindo.com/2016/06/05/113968/kasus-prostitusi-online-di-cianjur-akhirnya-terbongkar/) diakses 19 April 2017 pukul 22.25 WIB

http://www.kpai.go.id/berita/kpai-catat-ratusan-anak-diperjualbelikan-tangkap-penjual-bayi-rp25-juta-lewat-online/

http://digilib.unila.ac.id/291/9/BAB%20II.pdf

Irwansyah, Lutfi. Kemiskinan, Keluarga dan Prostitusi Remaja, Yogyakarta: UMM, 2016.

Kendal, Gavin dan Gary Wickham. Using Foucault Methods, London, Thousand Oaks New Delhi: SAGE Publication, 1999.

Kompas 25 Agustus 2015

Kartono, Kartini. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja cetakan ke-10. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2011.

Kertamuda, F dan Herdiansyah H. Pengaruh Strategi Coping terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. Jurnal Universitas Paramadina. Vol, 6.No.1 . 11-23. 2009.

Kuhn, Thomas S. The Structure of Scientific Revolution, Herndon: The University of Chicago Press, 1970.

Latipun. Psikologi Konseling, Malang: UMM Press, 2001.

Lestari, S. Psikologi Keluarga.Jakarta: Kencana, 2012.

Monks, F. J, Knoers, A. M. P, and Haditono, S. R. Psikologi Perkembangan, 1999.

Muflichah, Siti dan Rahadi Wasi Bintoro. Trafficking: Suatu Studi tentang Perdagangan Perempuan dari Aspek Sosial, Budaya dan Ekonomi di Kabupaten Banyumas, Jurnal Dinamika Hukum Vol 9 No 1 Januari 2009.

Mulyanto. Melacur Demi Hidup ; Fenomena Perdagangan Anak Perempuan di Palembang, Yogyakarta: PSKK UGM dan Ford Fondation, 200.

Munti, Ratna Batara. Demokrasi Keintiman; Seksualitas di Era Global, Yogjakarta: LKiS, 2005.

Poerwandari, Kristi. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Ed. Ke-3, Depok: LPSP3 FPUI, 2005.

Pramono, Made. “Melacak Basis Epistimologi Antonio Gramsci” Listiyono Santoso, dkk, Epistimologi Kiri, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group, Cet. K3-7. 2009.

Reinharz, Shulamit. Metode-Metode Feminis dalam Penelitian Sosial, terjemahan oleh Lisabona Rahman, ed. Sita Aripurnami, Jakarta: Women Research Institute, 2005.

Papalia, D. E. Human Development. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. 2008.

Ramayulis. Psikologi Agama. Bandung: Kalam Mulia. 2002.

Rismayanti, Yanuar Farida. Perdagangan Anak Perempuan yang dilacurkan dalam Prociding Child Poverty And Social Protection Conference Jakarta 10-11 September 2013.

Saptari, Ratna & Briigitte Holzner. Perempuan Kerja dan Perubahan Sosial; Sebuah Pengantar Studi Perempuan (Jakarta: Kalyanamitra, 1997.

Shields, Vickie Rutledge dan Brenda Dervin. “Sense-Making in Feminist Social Science Research: A Call to Enlarge the Mothodological Options of Feminist Studies”, dalam Women’s Studies International Forum, 16(1), 1993.

Santrock, John W. Perkembangan Remaja. Erlangga: Jakarta. 2003. Soelaeman. Pendidikan dalam Keluarga.Bandung : Alfabeta, 1994.

Sarwono, Sarlito. Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Sutrisno, Mudji. Teks-Teks Kunci Estetika: Filsafat Seni. Yogyakarta: Galangpress. 2005

Sutrisno, Mudji dan Hendar Putranto. 2005. Teori-Teori Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Sunarti, E. Ketahanan Keluarga Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Kehamilan [Disertasi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, 2001.

Tambunan, A. P. Menilai Harga Wajar Saham (Stock Valuation).Penerbit PT. Elex Media.Jakarta, 2007.

Temuan dan Rekomendasi KPAI tentang “Perlindungan Anak di Bidang Perdagangan Anak (Trafficking) dan Eksploitasi Terhadap Anak”, http://www.kpai.go.id/artikel/temuan-dan-rekomendasi-kpaitentang-perlindungan-anak-di-bidangperdagangan-anak-trafficking-daneksploitasi-terhadap-anak/, diakses 15 September 2016.

Tong, Rosemari Putnam. Feminist Thought. Yogyakarta: Jalasutra, 2008.

Ulfiah, Hubungan Antara Gaya Pengasuhan Orang Tua dengan Pencapaian Status Identitas, Tesis, Pascasarjana Unpad. 2004.

-------, Psikologi Keluarga , Ghalia Indonesia, Bogor, 2016

Woodman, C.B., Collins, S.I., Young, L.S. The Natural History of Cervical HPV Infection: Unresolved Issues.Nature Reviews Cancer 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v3i2.5630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ulfiah Ulfiah, Neng Hannah

PSIKOISLAMEDIA
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry

Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id

INDEXED BY:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.