HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN QUARTER LIFE CRISIS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG ANGKATAN 2015
DOI:
https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6302Keywords:
Self Efficacy, Quarter Life Crisis, MahasiswaAbstract
Dewasa awal merupakan masa transisi dari remaja ke dewasa. Mahasiswa termasuk dalam transisi dari remaja ke dewasa. Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2015 termasuk ke dalam transisi. Pada masa ini para mahasiswa menghadapi masalah didewasa awal yakni Quarter Life Crisis dimana mereka mencari arti kehidupadan dari kedewasaan. Self Efficacy mengetahui tentang kepercayaan diri mahasiswa dalam menghadapi masalah didewasa awal.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara Self Efficacy dengan Quarter Life Crisis pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2015. Maka metode penelitian dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, mean, uji kategori, uji linieritas dan uji korelasi product momen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2015 memiliki Self Efficacy yang tinggi 84% sedangkan Quarter Life Crisis memiliki kategori sedang dengan presentase 94,7%. Koefiesiensi korelasi antara kedua variabel dengan nilai -0,421 dan nilai signifikan yakni 0,001<0,01 maka dengan demikian bahwa terdapat hubungan yang negatif antara variabel Self Efficacy dengan Quarter Life Crisis
References
Aisyah, N. (2003). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Psikologi Indonesia, 108-121.
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Pers.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian "Suatu Pendekatan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Atwood, J., & Scholtz, C. (2008). The quarter-life time period: An age of indulgence, crisis or both? Contemporary Family Therapy. 30, 230-250.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy The Exricise Of Control. USA: W.H Freeman and Company.
Clara,dkk (2017). Peran Self-Efficacy Dan Self-Control Terhadap Prokratinasi Akademik Pada Siswa SMA (Studi Pada Siswa SMA X Tangerang). Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 159-169
Duara, Dkk. (2016). Photo-elicitation and time-lining to enhance the research interview: exploring the quarterlife crisis of young adults in India and the United Kingdom. Qualitative Research In Psychology.
Pinggolo, S. P. (2015). Development and Validation of Quarterlife Crisis for Filipinos. The Asian Conference on Psychology & the Behavioral Sciences.
Rachmawati, Y. E. (2010). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kematangan Karier Pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir Pada Di Universitas Surabaya. Ilmiah Mahasiswa Universitas Mahasiswa, 1.
Robbins, A., & Wilner, A. (2001). Quarter life crisis: The unique challenges of life in your twenties. New York: Tarcer/Putman.
Rossi, N. E., & Mebert, C. J. (2011). Does a Quarterlife Crisis Exist? Genetic Psychology. 172, 141-161.
Santrock, J. W. (2012). LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa-Hidup) (Jilid I). Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (2012). LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa-Hidup) (Jilid II). Jakarta: Erlangga.
Steplon, A., & Gardens, Q. C. (2012). Coaching Clients through the Quarter-Life Crisis: What works? Evidence Based Coaching and Mentoring(6), 130.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)