REGULASI DIRI DAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA SEKOLAH AGAMA
DOI:
https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v4i2.6704Keywords:
Regulasi diri, Perencanaan karir, SMA, Sekolah agamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan perencanaan karir. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara regulasi diri dengan perencanaan karir, dengan asumsi semakin tinggi regulasi diri, maka semakin tinggi perencanaan karir dan sebaliknya semakin rendah regulasi diri maka semakin rendah perencanaan karir. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Sekolah Agama di Medan sebanyak 205 orang. Data diperoleh dari skala untuk mengukur regulasi diri dan perencanaan karir. Perhitungan dilakukan dengan melakukan uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS 20 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0.640 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05). Ini menunjukkan ada hubungan positif antara regulasi diri dengan perencanaan karir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel regulasi diri terhadap perencanaan karir sebesar 40,9 persen, selebihnya 59,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan positif antara regulasi diri dengan perencanaan karir.References
Abdul, A. R. (2013). Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Farida, A. (2014). Pilar-Pilar Pembangunan Karakter Remaja. Bandung: Nuansa Cendekia.
Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.
Istriyanti, N. L. A., Simarmata, N. (2014). Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Perencanaan Karir. Jurnal Psikologi Udayana, Vol. 1 No. 2. Diakses pada tanggal 23 April 2018 dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/25090.
Nurjanah, A. A. (2017). Hubungan Regulasi Diri dengan Perencanaan Karir. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol.5 No. 5, 132-144. Diakses pada tanggal 24 April 2018 dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/14464.
Priyatno, D. (2010). Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Yogyakarta : MediaKom.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wiley, W., Sons, I. (2005). Career Development and Counseling: Putting Theory and Researh to Work. New Jersey. Diakses pada tanggal 8 Februari 2019 dari https://b-ok.cc/md5/5BFF726264AA185F980E8C24C84BC7B2.
Detikfinance.com, (2017). Banyak Lulusan SMK Jadi Pengangguran, Ini Penyebabnya. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2018 dari http://finance.detik.com/beritaekonomi-bisnis/d-3508298/banyak-lulusan-smk-jadi-pengangguran-ini-penyebabnya.
Kompasiana.com (2015). Kenapa Merencanakan Karier Sejak Usia Remaja Penting Untuk Kita?. Diakses pada tanggal 6 Juni 2018 dari https://www.kompasiana.com/senengutami/54f33fff745513a32b6c6d71/kenapa-merencanakan-karier-sejak-usia-remaja-penting-untuk-kita.
Vemale.com. (2018). Gagal SBMPTN, Aku Memilih Jadi TKW di Korea Selatan. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2018 dari http://www.vemale.com/lentera/115227-gagal-sbmptn-aku-memilih-jadi-tkw-di-korea-selatan.html.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)