ANALISIS ADVERSITY QUOTIENT PADA PENYINTAS LEUKEMIA ANAK DALAM MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL
DOI:
https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v6i1.7602Keywords:
Adversity quotient, pendidikan formal, penyintas leukemia anakAbstract
Pendidikan adalah hak semua manusia. Penyintas Leukemia Anak (PLA) tidak banyak yang dapat melanjutkan pendidikan formal di sekolah karena keterbatasan yang dimilikinya terutama fisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, bertujuan untuk mengetahui bagaimana seorang PLA dapat mengikuti pendidikan formal di sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles & Huberman dan Hermeneutical Analisis. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: 1) Tipe kecerdasan Adversity Quotient (AQ) yang diperlukan oleh PLA untuk menempuh pendidikan formal di sekolah adalah tipe Climber, 2) Perlu dukungan proaktif dari sekolah dengan “memaklumi” kondisi PLA, 3) Orang tua tetap harus memperhatikan dan menjaga kesehatan PLA agar tidak relaps dikemudian hari. Dengan demikian perlu adanya perhatian khusus baik dari orang tua maupun pihak sekolah agar seorang PLA tetap dapat melanjutkan pendidikan.
References
Astriningrum, M. (2011). Hubungan Tahap Kemoterapi Pada Penderita Leukemia Limfoblastik Akut Dengan Status Gizi di Bangsal Ilmu Kesehatan Anak RSUD DR. Moewardi. Universitas Sebelas Maret, Fakultas Kedokteran. Surakarta: digilib.uns.ac.id. Retrieved Juli 7, 2018, from https://scholar.google.co.id
Carver, C., Scheier, M., & Segerstorm, S. (2010). Optimism. Clinical Psychology Review, 30, 879-889. http://doi:10.1016/j.cpr.2010.01.006
Creswel, J. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, E. Y., Mayangsari, M. D., & Fauzia, R. (2016). Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Resilensi Pada Penderita Kanker Stadium Lanjut. Jurnal Ecopsy, 3(3), 133-139. http://dx.doi.org/10.20527/ecopsy.v3i3.2664
Doloksaribu, T. M., & Manurung, R. D. (2015). Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Kepatuhani Orangtua yang Mempunyai Anak dengan Leukemia dalam Menjalani Terapi Kemoterapi di RB4 RSUP H.A.Malik Medan Tahun 2014. Jurnal Ilmiah PANNMED, 9(3), 288-291.
Fawzy, M., dkk. (2013). Quality of Life in Egyptian Children with Cancer. Journal of Cancer Therapy, 4, 1256-1261. doi:http://dx.doi.org/10.4236/jct.2013.47148
Gufron, N., & Risnawati, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Hjalgrim, L. L., dkk. (2003). Age- and Sex-Specific Incidence of Childhood Leukemia by Immunophenotype in the Nordic Countries. Journal of the National Cancer Institute, 95(20), 1539-1544. https://doi: 10.1093/jnci/djg064
Hutami, A. S. (2018, Pebruari 16). Gatra.com. (Rosyid, Editor) Retrieved Juli 8, 2018, from Semangat Pasien Kanker Anak dan Akses Pendidikan: https://www.gatra.com/rubrik/kesehatan/kanker/308745-semangat-pasien-kanker-anak-dan-akses-pendidikan
Mushyama, B. G. (2015). Dukungan Sosial Keluarga Pada Anak Penderita Kanker Darah di Yayasan Kasih Anak Kanker Jogja. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(9), 1-10.
Mustari, M. (2017). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurhidayah, I., Hendrawaty, S., Mediani, H. S., & Adistie, F. (2016). Kualitas Hidup pada Anak dengan Kanker. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 4(1), 45-59. https://doi.org/10.24198/jkp.v4i1.136
Simanjorang, C., Kodim, N., & Tehuteru, E. (2013). Perbedaan Kesintasan 5 Tahun Pasien Leukemia Limfoblastik Akut dan Leukemia Mieloblastik Akut pada Anak di Rumah Sakit Kanker “Dharmais”, Jakarta, 1997-2008. Indonesian Journal of Cancer, 7(1), 15-21.
Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT Gramedia.
Stoltz, P. (2004). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. (Y. Hardiwati, Ed., & T. Hermaya, Trans.) Jakarta: PT Grasindo.
Tehuteru, E. S. (2011). Gambaran Tingkat Remisi pada Leukemia Limfoblastik Akut setelah Fase Induksi di Bangsal Kanker Anak RS Kanker "Dharmais". Indonesian Journal of Cancer, 5(4), 159-162.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)