KEDISIPLINAN DITINJAU DARI SELF-AWARENESS PADA SISWA KELAS XI DI SMK TELKOM 2 MEDAN

Jocelyn Listo Govanny, Christine Christine, Rachael Patricia, Sri Hartini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-awareness dengan kedisiplinan pada siswa kelas XI di SMK Telkom 2 Medan. Subjek penelitian ini sebanyak 110 siswa/i dari 2 kelas XI SMK Telkom 2 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara self-awareness dengan kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data penelitian dikumpulkan menggunakan skala kedisiplinan dengan butir 34 aitem dan skala self-awareness dengan 23 butir aitem. Uji asumsi yang digunakan terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Data dianalisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 2.0 for windows. Hasil analisa menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara self-awareness dengan kedisiplinan pada siswa-i kelas XI SMK Telkom 2 Medan dengan koefisien korelasi Pearson Produc Moment sebesar R = 0,355 dengan Sig 0,000 (p < 0,005). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan efektif yang diberikan variabel self-awareness terhadap kedisiplinan sebesar 35,5 persen, selebihnya 64,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian adanya hubungan antara self-awareness dengan kedisiplinan dapat diterima

Keywords


self-awareness; Kedisiplinan

References


Bahri, S. (2011). Pengaruh Kebijakan Kepala Bappeda Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Propinsi Sulawesi Selatan Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Baihaqi, A. (2019). Bolos Sekolah, 20 Pelajar di Surabaya Terciduk Satpol PP. Detik.Com. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4373973/bolos-sekolah-20-pelajar-di-surabaya-terciduk-satpol-pp

Baron, R. A., Branscombe, N. R., & Byrne, D. (2012). Social Psychology (13th ed.). Pearson Education.

Boyatzis, R. E., & Goleman, D. (1999). Emotional competence inventory. Boston: HayGroup.

Creswell, J. W. (2013). Educational research: Planning, conducting, and evaluating. W. Ross MacDonald School Resource Services Library.

Ekosiswoyo, R., & Rachman, M. (2000). Manajemen Kelas. CV. IKIP Semarang Press. Semarang.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadianti, L. S. (2017). Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa (Penelitian deskriftif analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 2(1), 1–8.

Kusumaningrum, E., & Dewi, N. K. (2017). Perbedaan Perilaku Prososial Dan Self Awareness Terhadap Nilai Budaya Lokal Jawa Di Tinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Sma Kyai Ageng Basyariyah Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 17–30.

Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan self awareness dengan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (penelitian korelasional bidang BK pribadi). KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 57–72.

Mumpuni, T. (2018). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VI Di MI AN Nur Deyangan Mertoyudan Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah „Aisyiyah (APPPTMA).

Priyatno, D. (2013). Mandiri belajar analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Rini, E. S. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2).

Saunders, M., Lewis, P., & Thornhill, A. (2009). Research Methods for Business Students (5th ed.). Prentice Hall.

Sudarmono, S., Apuanor, A., & Kurniawati, E. H. K. (2020). Pengaruh kesadaran diri terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMPN 9 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 5(2), 78–84.

Syaefudin, A. (2019). Bolos Sekolah, 48 Pelajar di Rembang Dirazia saat Nongkrong di Warung Kopi. Detik.Com. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4730806/bolos-sekolah-48-pelajar-di-rembang-dirazia-saat-nongkrong-di-warung-kopi

Widiatmoko, M., & Ardini, F. M. (2018). Pendekatan konseling analisis transaksional untuk mengembangkan kesadaran diri remaja. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 99–108.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v6i2.8751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jocelyn Listo Govanny, Christine Christine, Rachael Patricia, Sri Hartini

PSIKOISLAMEDIA
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry

Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id

INDEXED BY:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.