KEDISIPLINAN DITINJAU DARI SELF-AWARENESS PADA SISWA KELAS XI DI SMK TELKOM 2 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v6i2.8751Keywords:
self-awareness, KedisiplinanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-awareness dengan kedisiplinan pada siswa kelas XI di SMK Telkom 2 Medan. Subjek penelitian ini sebanyak 110 siswa/i dari 2 kelas XI SMK Telkom 2 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara self-awareness dengan kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data penelitian dikumpulkan menggunakan skala kedisiplinan dengan butir 34 aitem dan skala self-awareness dengan 23 butir aitem. Uji asumsi yang digunakan terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Data dianalisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 2.0 for windows. Hasil analisa menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara self-awareness dengan kedisiplinan pada siswa-i kelas XI SMK Telkom 2 Medan dengan koefisien korelasi Pearson Produc Moment sebesar R = 0,355 dengan Sig 0,000 (p < 0,005). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan efektif yang diberikan variabel self-awareness terhadap kedisiplinan sebesar 35,5 persen, selebihnya 64,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian adanya hubungan antara self-awareness dengan kedisiplinan dapat diterimaReferences
Bahri, S. (2011). Pengaruh Kebijakan Kepala Bappeda Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Propinsi Sulawesi Selatan Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Baihaqi, A. (2019). Bolos Sekolah, 20 Pelajar di Surabaya Terciduk Satpol PP. Detik.Com. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4373973/bolos-sekolah-20-pelajar-di-surabaya-terciduk-satpol-pp
Baron, R. A., Branscombe, N. R., & Byrne, D. (2012). Social Psychology (13th ed.). Pearson Education.
Boyatzis, R. E., & Goleman, D. (1999). Emotional competence inventory. Boston: HayGroup.
Creswell, J. W. (2013). Educational research: Planning, conducting, and evaluating. W. Ross MacDonald School Resource Services Library.
Ekosiswoyo, R., & Rachman, M. (2000). Manajemen Kelas. CV. IKIP Semarang Press. Semarang.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadianti, L. S. (2017). Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa (Penelitian deskriftif analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 2(1), 1–8.
Kusumaningrum, E., & Dewi, N. K. (2017). Perbedaan Perilaku Prososial Dan Self Awareness Terhadap Nilai Budaya Lokal Jawa Di Tinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Sma Kyai Ageng Basyariyah Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 17–30.
Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan self awareness dengan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (penelitian korelasional bidang BK pribadi). KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 57–72.
Mumpuni, T. (2018). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VI Di MI AN Nur Deyangan Mertoyudan Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah „Aisyiyah (APPPTMA).
Priyatno, D. (2013). Mandiri belajar analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Rini, E. S. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2).
Saunders, M., Lewis, P., & Thornhill, A. (2009). Research Methods for Business Students (5th ed.). Prentice Hall.
Sudarmono, S., Apuanor, A., & Kurniawati, E. H. K. (2020). Pengaruh kesadaran diri terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMPN 9 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 5(2), 78–84.
Syaefudin, A. (2019). Bolos Sekolah, 48 Pelajar di Rembang Dirazia saat Nongkrong di Warung Kopi. Detik.Com. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4730806/bolos-sekolah-48-pelajar-di-rembang-dirazia-saat-nongkrong-di-warung-kopi
Widiatmoko, M., & Ardini, F. M. (2018). Pendekatan konseling analisis transaksional untuk mengembangkan kesadaran diri remaja. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 99–108.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)