MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Santyasa, I.W. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif. Makalah: Disajikan dalam Pelatihan tentang Pembelajaran dan Asesmen Inovatif bagi Guru-Guru Sekolah Menengah di Kecamatan Nusa Penida, tanggal 23-24 Agustus 2008.
Huitt, William G., 1997. Metacognition. Available: http://tip.psychology.org/- meta.html. diakses, 5 Maret 2011.
Zubaidah, S. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Makalah Seminar Nasional Sains. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
Irani, T., Rudd, R., Gallo, M., Ricke_ s, J., Friedel, C., & Rhoades, E. 2007. Critical thinking instrumentation. manual. University of Florida.
Corebima, A. D. 2010. Berdayakan Keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran Sains Demi Masa Depan Kita. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Sains, yang diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya, 16 Januari 2010.
Halpern, D.F., 1996. Thought and knowledge: An introduction to critical thinking. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Kuswana, Sunaryo, W. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murti, Bh. 2010. Berpikir Kritis (Critical Thinking). Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran UNS, Solo.
Corebima, A. D. 2009. Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada FMIPA UM. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat UM, tanggal 30 Juli 2009. Malang: UM.
Wade, C. 1995. Using writing to develop and asses critical thinking. Teaching of Psychology, 22 (1)24-28.
Anderson L.W., and Krathwohl D.L., (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing. a Revision of Blomm’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman, Inc. United States.
Moore, B. N. dan R. Parker. 1986. Critical Thinking. California: Mayfield Publishing Co.
Hasanuddin. 2013. Pengaruh Pembelajaran Reading Questioning and Answering dipadu Think Pair Share Berbasis Lesson Study Terhadap Ketrampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan. Disertasi. Tidak Dipublikasi. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Hasanuddin dan Mulyadi. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Strategi RQA. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Sebelas Maret Solo, Tanggal 17 april 2012. Hal. 70-76.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v2i1.2511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
All works are licensed under CC BY-SA
Index By
Office Address
Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id
Contact Person
Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)