POPULASI BURUNG RANGKONG BADAK (Buceros rhinoceros) DI EKOSISTEM TAHURA POCUT MEURAH INTAN PROVINSI ACEH

Samsul Kamal, Elita Agustina, Azhari Azhari

Abstract


Burung rangkong badak (Buceros rhinoceros) merupakan salah satu spesies burung dari familia Bucerotidae yang terdapat di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Provinsi Aceh. Tingginya laju deforestasi habitat dan pembukaan lahan di kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan akan memberi dampak negatif  dan mempercepat penurunan populasi burung rangkong badak. Penelitian tentang “Populasi Burung Rangkong Badak (Buceros rhinoceros) di Ekosistem Tahura Pocut Meurah Intan Provinsi Aceh” dilaksanakan pada bulan November  2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah individu dan kepadatan populasi burung rangkong badak (Buceros rhinoceros) yang terdapat di Tahura Pocut Meurah Intan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode titik hitung yang dikombinasikan dengan transect quadrat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung pada objek penelitian. Pengamatan dilakukan selama 6 hari mulai dari pukul 06.30 s.d 10.00 WIB, dan dilanjutkan sore hari dari pukul 16.00 s.d. 18.00 WIB. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah jumlah individu dan kepadatan populasi burung rangkong badak (Buceros rhinoceros).  Analisis data dilakukan dengan menghitung kepadatan populasi burung rangkong badak (Buceros rhinoceros) menggunakan formula kepadatan populasi Eisenberg (1981). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah burung rangkong badak (Buceros rhinoceros) yang terdapat di Tahura Pocut Meurah Intan berjumlah 14 individu. Kepadatan populasi rangkong badak (Buceros rhinoceros) di Tahura Pocut Meurah Intan yaitu 1,4 individu/Km2.

Keywords


Kepadatan Populasi, Rangkong Badak (Buceros rhinoceros), Tahura Pocut Meurah Intan.

Full Text:

PDF

References


Daud, M., dkk. 2017. Profil KPH Tahura Pocut Meurah Intan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka

Anonim. 2007. Peranan Pendidikan Konservasi dalam Penyelamatan Hutan di Kawasan Ekosistem Seulawah Aceh Besar. Rencana Kerja: Hutanku Hutanmu Jua, Selamatkan Dia. Cut Meurah Intan. Banda Aceh: Yayasan Masyarakat Penyayang Alam dan Lingkungan Hidup.

Rusmendro, H. 2009. Perbandingan Keanekaragaman Burung pada Pagi dan Sore Hari di Empat Tipe Habitat di wilayah Pengadaran, Jawa Barat (Jurnal Vol.02 No. 1), Jakarta: Fakultas Biologi Universitas Nasional.

Darmawan, M., P. 2006. Keanekaragaman Jenis Burung Pada Beberapa Habitat Di Hutan Lindung Gunung Lumut Kalimantan Timur. Bogor: Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Anonim. 2016. Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Terbakar Apa Penyebabnya. http://www.mongabay.co.id/2016/10/13/taman-hutan-raya-pocut-meurah-intan-terbakar-apa-penyebabnya. Diakses tanggal 13 Oktober 2016.

Biby, C., M. Jones dan S. Marsden. 2000. Tekhnik-tekhnik Ekspedisi Lapangan: Survey Burung. BirdLife International-IP. Bogor.

Kamal, S., Elita Agustina, Zahtarur Rahmi. 2016. Spesies Burung pada Beberapa Tipe Habitat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Biotik, Volume 4, No. 1, Edisi April 2016 ISSN: 2337-9812, , Hal. 15-32.

Walpole. 1990. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Gramadia. Indonesia.

Alikodra, H. S. 1986. Pengelolaan Habitat Satwa Liar. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Trainor C, Lesmana D, Gatur A. 2000. Importance of forest in the west side of Timor land-First study of biodiversity and socio-economic information in Timor island of Nusa Tenggara Timur. (Rep. No. 13). PKA/Birdlife International/WWF, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v6i1.4038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Index By

       

Office Address

Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id

Contact Person

Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)