PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMAN BANDA ACEH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chi M., & Kurt VL. 2010. Meta-Cognitive Strategi Instruction in Intellegent Tutoring Sistem: How, When, and Why. Journal Educational Tchnology & Sociaty.Vol. 13.No. 1. Hal: 25-39.
Countiho. 2007. Metacognitive Awareness and preventation of Relaps in Depression: Emperical Evidence. Journal of Consulting and Clinical Physicology.Vol. 2.No. 70. Hal: 275-287.
Septiana, K., Andreas, P.B.P dan Wulan, C. 2013. Jurnal Belajar Sebagai Strategi Metakognitif Pada Pembelajaran Sistem Imunitas. Unnes Journal of Biology Education.Vol. 2.No. 1. Hal: 1-9.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Kuntjojo. 2009. Metode Penelitian. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moore, K. C. 2004. Construction and Metcognitive. USA.
Susantini, E. 2004. Memperbaiki Kualitas Proses Belajar Genetika Melalui Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa SMU. Malang: PPS UM.
Peters, E. 2006. Connecting Inkuiry to the Nature Of Science as a Metacognitive Resource. Science Education. 10 (5) : 101-104.
Pengesuti, A. A. 2011. Penerapan Paduan Metode NHT dan STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMP N 13 Malang. Prosiding Semnas LS IV. Malang
Ramdani, A. 2012. Pengembangan Perangkat pembelajaran Inkuiri Melalui Kegiatan Lesson Study dan Pengaruh Implementasinya Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Berkemampuan Berbeda Di SMP N Kota Mataram. Malang: PPS UM.
Iwai, Y. 2011. The Effects of Metacognitive Reading Strategies: Pedagogical Implications for EFL/ESL Teachers. The Reading Matrix. Volume 11, (2). University of Wisconsin, La Crosse.
Gasong, D. 2006. Model Pembelajaran Konstruktivistik Sebagai Alternatif Mengatasi Masalah Pembelajaran. (Online). (http://puslit.petra.ac.id/journal/interior, diakses tanggal 30 Maret 2016.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Arends, R. I. 2008. Learning To Teach. Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v8i1.6759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All works are licensed under CC BY-SA
Index By
Office Address
Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id
Contact Person
Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)