VALIDITAS INSTRUMEN TES BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) TENTANG MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA

Mayang Anazalia, Rahmawati Darussyamsu, Lufri Lufri, Syamsurizal Syamsurizal, Yusni Atifah

Abstract


Kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan yang mencakup tiga aspek yaitu analisis, evaluasi dan penciptaan sesuai dengan implementasi kurikulum 2013. Berdasarkan pengamatan pra-penelitian yang dilakukan di SMAN 2 Koto XI Tarusan diperoleh bahwa instrumen yang digunakan oleh guru masih pada level kognitif C1-C3 dengan persentase C1 56%, C2 40%, dan C3 4%, sedangkan untuk tuntutan kemampuan berpikir level Siswa yang lebih tinggi harus mampu berpikir pada level kognitif C4-C6. Penelitian ini bertujuan untuk  menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi sistem pencernaan  dengan menggunakan model 4D  models. Subjek penelitian dua orang dosen biologi FMIPA UNP sebagai validator dengan rata-rata hasil validasi instrumen penilaian sebesar 78,82% dengan kriteria cukup valid. Ini menunjukkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi sistem pencernaan cukup valid dikembangkan dari segi materi, konstruksi, bahasa serta tingkat kognitif instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik tentang materi sistem pencernaan.

Keywords


Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Instrumen Penilaian, Materi Sistem Pencernaan

Full Text:

PDF

References


Afrita, Marvia. 2020. Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Materi Sistem Respirasi Di Kelas XI SMA. Jurnal mangidera edu. Vol. 4, No. 2. Padang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Awaliyah, Siti. 2018. Penyusunan Soal HOTS Bagi Guru PPKN Dan IPS Sekolah Menengah Pertama. Vol.1 No.1. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial. Malang: Universitas Negeri Malang.

Elisa, Syafrida dan Aryani Tri Wrastari. 2013. Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Vol. 2 No.1: 1-10.

Iskandar, Akbar dan Muhammad. 2017. Analisis Kualitas Soal Di Perguruan Tinggi Berbasis Aplikasi TAP Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan ISSN: 1410-4725. Makassar: STMIK AKBA Makassar.

Kadir, Abdul. 2015. Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 8, no. 2.

Kustijono, Rudy., dan Elok wiwin HM 2014. Pandangan Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA). ISSN: 2087-9946. Surabaya: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Machali, Imam. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Penelitian Islam. Vol. 3 No. 1: 71-94.

Pane, Aprida. Muhammad Darwis. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Sumatera Utara. Vol. 03 No. 2. e-ISSN : 2460-2345. Dasopang IAIN Padang sidimpuan.

Pratiwi, Rosa Dewi. 2014. Penerapan Constructive Controversy Dan Modified Free Inquiry Terhadap Hots Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Formatif. ISSN: 2088-351X. Jakarta Timur: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Teknik, Matematika dan IPA Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA).

Rofiah, Emi., Nonoh Siti Aminah dan Elvin Yusliana Ekawati. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN: 2338–0691. Surakarta: Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Bandung: PRENAMEDIA GROUP.

Setiadi, Hari. 2016. Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. ISSN 2338-6061. Jakarta Selatan: Sekolah Pascasarjana UHAMKA.

Sofyan, Fuaddilah Ali. 2019. Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa. Vol. 3, No. 1 ISSN :2598-6244. Palembang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.

Subadar. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pedagogik. ISSN : 2528-5793. Vol. 04 No. 01. Jawa timur: Kantor Kementrian Agama, Kabupaten Probolinggo.

Subagia, Wayan. Wiratma. 2016. Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. ISSN: 2303-288X Vol. 5, No.1:39-54.

Utomo, Eskatur Nanang Putro. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Lesson untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Proses dan Hasil Belajar Kompetensi Keterampilan pada Materi Sistem Pencernaan Kelas. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi. ISSN : 2580-4960. Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Wildan. 2017. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi. . Edisi Xvii. Mataram: Dosen Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi UIN Mataram.

Yuniar, Maharani., dkk. 2015. Analisis HOTS ( High Order Thinking Skills ) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. Jawa Barat: Ciamis.

Zaini, Herman. 2013. Karakteristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jurnal Idaroh. Vol. 1 No. 1:15-31.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v8i2.7090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Index By

       

Office Address

Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id

Contact Person

Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)