Development of Research-Based Booklet for Enrichment Material of Biodiversity Concepts in SMA

Talitha Fadhila, Mahrudin Mahrudin, M. Arsyad

Abstract


Keberadaan makhluk hidup di suatu habitat merupakan sesuatu yang dapat dijadikan objek pembelajaran, terlebih dahulu objek yang menjadi potensi lokal daerah yang harus diperkenalkan kepada siswa, baik berupa objek yang diamati, cara hidup, manfaat bahkan pelestarian. Salah satu objek yang dapat dikaji adalah semak. Objek kajian berupa semak tersebut dapat dimuat sebagai bahan pengayaan pada materi pembelajaran biologi yang mengacu pada kurikulum dan silabus yang sesuai dalam bentuk sumber belajar. Sumber belajar ada berbagai macam, di antaranya adalah bahan pengayaan berbentuk booklet. Booklet merupakan salah satu bentuk inovasi bahan pengayaan dalam bentuk media cetak. Tujuan dalam penelitian ini adalah kevalidan booklet Keanekaragaman Semak Berbasis Penelitian Sebagai Bahan Pengayaan Konsep Keanekaragaman Hayati di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan data sekunder. Bahan pengayaan yang dikembangkan berbentuk booklet dengan metode pengembangan mengacu pada Evaluasi Formatif Tessmer. Validitas booklet diuji oleh 3 orang validator: dosen pembimbing 1, dosen pembimbing 2, dan 1 orang guru mata pelajaran biologi SMA. Aspek kevalidan dalam booklet adalah aspek kevalidan bahasa, aspek kevalidan penyajian, dan aspek penyajian isi. Hasil validasi menunjukkan skor 92% dengan kriteria validasi yaitu valid.


Keywords


curriculum of Biology Education; environmental education

Full Text:

PDF

References


Imtihana, M., HB, F. P. M., & Priyono, B. (2014). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkingan Di SMA. Journal of Biology Education, 3(2).

Hardiansyah, Noorhidayati, Mahrudin. 2018. Keanekaragaman Jenis Vegetasi Di Kawasan Hutan Mangrove Desa Sungai Rasau Kabupaten Tanah Laut Sebagai Bahan Pengayaan Mata Kuliah Ekologi Lahan Basah. Prosiding Seminar Lahan Basah 2018.

Gustaning, G. (2014). Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMKN 1 Jenar. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pratiwi, D., & Pujiastuti, P. (2014). Pengembangan bahan ajar biologi berbasis pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada pokok bahasan sistem pernapasan Kelas XI SMA dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Edukasi, 5-9.

Muchlich, Masnur. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman dan. Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jasmadi, Widodo, dan Chomsin S. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo.

Susilawati, N., & Reni Marlina. 2015. Kelaikan Media Booklet Etnobotani di Desa Arus Deras Pada Subkonsep Manfaat Keanekaragaman Hayati SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5(1): 1-13.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati.

Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83-88.

Arifin, Syamsul, dan Kusrianto, A. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Jakarta: PT Grasindo.

Rusmana, J., Ramdiah, S., & Prayitno, B. (2019, December). Pengembangan booklet sebagai sumber belajar biologi melalui nilai-nilai kearifan lokal dalam pembuatan bakul purun. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 4, No. 3, pp. 603-607).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v9i2.9524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Index By

       

Office Address

Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id

Contact Person

Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)