PENGARUH FAKTOR GENETIK PADA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Miftahul Jannah, Khamim Zarkasih Putro Program Magister PIAUD, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 55281, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10425

Keywords:

Genetik, Hereditas, Pengaruh Faktor Genetik bagi Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor genetic pada perkembangan anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan. Studi kepustakaan berarti teknik pengumpulan data dengan melakukan penelaahan terhadap buku, literatur, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak usia dini. Hal ini dapat dilihat melalui faktor genetik dan hereditas yang saling berkaitan dengan lingkungan anak. Hereditas merupakan faktor utama yang dapat memengaruhi perkembangan anak. Orang tua sangat berperan penting untuk mengembangkan serta memberikan lingkungan yang baik sejak anak berusia dini karena akan memberikan dampak yang baik untuk masa depan anak kelak.

Author Biography

  • Miftahul Jannah, Khamim Zarkasih Putro, Program Magister PIAUD, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 55281, Indonesia

    Program Magister PIAUD, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta,  55281, Indonesia

References

Abdi M. & Budi P. (2018). Studi Kepustakaan mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing, Jurnal BK Unesa, 8(1), 4.

Amini, N. & Naimah. (2020). Faktor Hereditas dalam mempengaruhi Intelligensi Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 7(2), 110-111.

Daimah & Zainun W. S. (2019). Landasan Filosofis Pembelajaran Agama Islam Perspektif Hereditas, Lingkungan, Kebebasan Manusia dan Inayah Tuhan. Jurnal At-Tarbiyat, 2(2), 160-161.

Helda N. A. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, 2(1), 42.

Isnainia S. & Na’imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 198.

Milya S. & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, NATURAL SCINCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 42.

Nurjanah. (2018). Perkembangan Sosial Emosional yang Tidak Tercapai Pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK IT Plus Mutiara Bantul Yogyakarta. Jurnal Al Athfal, 1(1), 53-54.

Paturisi, A. (2010). Perkembangan Tingkah Laku Anak Didik. Jurnal Sosio Religi, 9(3), 1087-1089.

Zuyyina C. K. (2020). Pentingnya Gen dalam Membentuk Kepribadian Anak (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Dirasah, 1(1), 45.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles