UPAYAH MENJADIKAN PEMIMPIN KARISMATIK GUNA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SERTA WAWASAN DALAM PENDIDIKAN

Dr, Sukatin, M,Pd,I, Nur Amalia, Diah Nur Amaliah, Irwan Ribowo, Disepti, M. Duratun Nasihin

Abstract


Pendidikan, pengetahuan serta pola pikir merupakan suatu pembahasan melalui sebuah organisasi yang memberikan sebuah pengalaman serta pengetahuan yang akan membentuk pola pikir didalam diri siswa. Didalam pendidikan pengetahuan harus bersifat bermanfaat, agar kelak sebuah pengetahuan tersebut bisa berdampak kedalam pola pikir siswa yang kemudian bisa bermanfaat bagi diri siswa dan orang lain, Sehingga pengetahuan yang di dapat dalam pendidikan tersebut dapat di banggakan oleh masyarakat, baik di dalam daerah maupun luar daerah. Selain pengetahuan yang perlu ada di dalam pendidikan ialah seorang pemimpin, Kepemimpinan merupakan kekuatan aspirasional, kekuatan semangat, dan kekuatan moral yang kreatif yang mampu mempengaruhi para anggota untuk mengubah sikap, sehingga mereka menjadi konform dengan keinginan pemimpin. Untuk itu, maka gaya seseorang di dalam memimpin akan amat berpengaruh terhadap organisasi yang dipimpinnya, baik pengaruh itu bersifat positif maupun negatif terhadap organisasi tersebut.


Keywords


Sekolah; Karismatik dalam pendidikan, kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Dedi Novianto. (2011). Kepemimpinan Karismatik Dalam Pendidikan Islam. Diambil pada tanggal 29 Juni 2021 dari

https://dedinoviyanto.com/my-papers/kepemimpinan-kharismatik-dalam-pendidikan-islam/

Ajeng Quamila. (2021). Kepemimpinan Karismatik. Diambil pada tanggal 5 Juli 2021 dari

https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://glints.com/id/lowongan/kepemimpinan-karismatik/&ved=2ahUKEwj45diu8JHyAhVY4nMBHXT6DO8QFjABegQIBBAF&usg=AOvVaw2FWDp-DL3kWSWRgthjENsF

Garry Yukl, 1994, Kepemimpinan dalam organisasi, terj. Jusuf Udaya Jakarta:Prehalindo

Haidar Putra Daulay, 2007, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta : Kencana

Muhaimin et al, 2010, Manajemen Pendidikan,Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah.Madrasah , Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Muhammad Kholid Fathoni, 2005, Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional (Paradigma baru), Jakarta:Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam – Departemen Agama

Kartini Kartono,1983, Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Rajawali Press

Ngalim Purwanto,2004, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, 2006, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Departemen Agama RI




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dr, Sukatin, M,Pd,I, Nur Amalia, Diah Nur Amaliah, Irwan Ribowo, Disepti, M. Duratun Nasihin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.