PENERAPAN METODE OUTBOUND UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL DALAM BEKERJA SAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK ANZIB LAMNYONG DESA RUKOH BANDA ACEH

Authors

  • Dewi Fitriani, Aisyah Idris, Siti Maryam Lembong 1,2Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, FTK, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh 3TK Anzib Lamnyong, Rukoh, Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12252

Keywords:

Metode Outbound, Kemampuan Sosial, Bekerja Sama.

Abstract

Perkembangan kemampuan sosial dalam bekerja sama merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan melalui penerapan metode pembelajaran yang bervariasi, terutama metode yang dapat mengembangkan kemampuan bekerja sama pada anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian, yaitu: apakah penerapan metode outbound berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan sosial dalam bekerja sama pada anak usia dini di kelompok TK B Anzib Lamnyong?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode outbound terhadap pengembangan kemampuan sosial dalam bekerja sama pada anak usia dini di kelompok TK B Anzib Lamnyong. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian berjumlah 12 orang anak, 9 orang anak laki-laki dan 3 orang anak perempuan. Data hasil pengembangan kemampuan sosial dalam bekerja sama pada anak dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang berisi deskripsi kriteria pengembangan kemampuan bekerja sama pada anak melalui penerapan metode outbound. Data-data tersebut dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif yang dibantu dengan rumus uji-t. Berdasarkan data hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 13,823 > 2,201. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outbound dapat berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan sosial dalam bekerja sama pada anak. Secara keseluruhan, hal tersebut terlihat pada perubahan sikap anak yang sudah menunjukkan peningkatan pada pengembangan kemampuan untuk berinteraksi, membina hubungan dengan semua teman, memiliki rasa tanggung jawab dalam melakukan kegiatan secara bersama, menunjukkan sikap saling membantu antar teman, serta mulai menghargai teman dengan cara yang baik tanpa mengejek baik saat belajar maupun kegiatan bermain bebas.

Author Biography

  • Dewi Fitriani, Aisyah Idris, Siti Maryam Lembong, 1,2Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, FTK, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh 3TK Anzib Lamnyong, Rukoh, Banda Aceh

    1,2Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, FTK, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh
    3TK Anzib Lamnyong, Rukoh, Banda Aceh

References

Agustinus Susanta. (2010). Outbound Profesional. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Ali Nugraha dan Yeni Rachmawati. (2005). Metode Pengembangan Sosial Emosiona. Jakarta: Universitas Terbuka

Ancok Djamaluddin. (2002). Outbound Management Training: Aplikasi Ilmu Perilaku dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: UII Perss.

Badiatul Muchlisin Asti. (2009). Fun Game For Kid:100 Jenis Permainan Rekreatif dan Edukatif untuk Anak. Yogyakarta: Power Books (IHDINA).

Badiatul Muchlisin Asti. (2009). Fun Outbound: Merancang Kegiatan Outbound yang Efektif. Yogyakarta: Diva Press.

Muhammad Yaumi. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nur Shintya Isbayani, dkk. (2015). “Penerapan Metode Outbound untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak”, E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No.1.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tutik Alfiana dan Anik Lestariningrum. (2015). “Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dalam Bekerja Sama pada Anak Didik Kelompok B2 di TK Zaid Bin Tsabit Kecamatan NgLegok Kabupaten Blitar”, Jurnal Pinus, Vol. 1, No. 3.

Published

2022-01-19