EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE METT PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBALAJARAN RA

Rezki Perwita Arum, Nurkamelia Mukhtar, Na’imah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas media pembelajaran daring melalui Google Classroom, Google Meet terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Strategi Pembelajaran RA Program Studi Bimbingan Konseling Islam UIN Sultan Syarif Kasim RIAU. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VA pada mata kuliah. Strategi Pembelajaran RA Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini 25 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keefektifan penggunaan aplikasi Google Classroom dan Google Mett di masa pandemi ini dinilai masih kurang efektif, karena banyak faktor, yaitu infrasturktur dan pengguna internet yang meningkat drastis di tengah pandemi, sehingga diharapkan adanya kerjasama antara pemerintah pusat dengan Dinas Pendidikan di daerah minim internet untuk dapat mengatasi masalah tersebut, supaya kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik..

Keywords


Google Classroom, Google Mett, dan Strategi Pembalajaran.

References


Faisal, M D A. “Efektivitas Proses Belajar Melalui Aplikasi Zoom Di Masa Pandemi Covid-19.” Academia.Edu 2 (2009): 45–58. http://www.academia.edu/download/64015904/M Darul Aksan F.pdf.

Ghulamudin, Mirza Ghulamudin, Maufur, and Beni Habibi. “Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Metode Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19.” Cakrawala: Jurnal Pendidikan 14, no. 2 (2021): 11–17.

Giyarsih, Giyarsih. “Pendampingan Google Class Room (GCR) Tepat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Hebat.” Jurnal Jendela Pendidikan 1, no. 3 (2021): 97–104. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP.

Hapsari, Swita Amallia, and Heri Pamungkas. “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 18, no. 2

(2019): 225–233.

Kencono, Melati Retno, and Eka Ratnasari. “B U a N a P E N D I D I K a N” 17, no. 2 (2021): 175–181.

Mulatsih, Bekti. “Penerapan Aplikasi Google Classroom , Google Form , Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom , Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic.” ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 5, no. 1 (2020): 16–26. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129.

Sriyani, Ika -. “Google Classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Administrasi Umum.” Indonesian Journal of Education and Learning 4, no. 2 (2021): 456.

Yuniarni, Desni, Program Studi, Pendidikan Guru, Pendidikan Anak, Usia Dini, and Metode Demonstrasi. “Peningkatan Kemampuan Pengenalan Sains Sederhana Melalui Metode Demonstrasi Di Tk Kristen Maranatha Pontianak Utara” (n.d.): 1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rezki Perwita Arum, Nurkamelia Mukhtar, Na’imah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter