TEORI DAN FUNGSI KEPEMIMPINAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Sukatin, Raudatul Munawaroh, Sherly Marcela, Riri Andriyani, Syarani Margarita, Shannia Putri Sundafa, & Rita Maftuha

Abstract


Salah satu faktor pendukung dalam organisasi atau pendidikan adalah kepemimpinan. Kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai sifat-sifat atau perilaku pribadi oleh orang lain dalam berinteraksi atau bekerja sama dengan anggota organisasi. Dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin, ada banyak teori kepemimpinan yang dapat diketahui, antara lain Teori Genetik, Teori Sosial, Teori Situasional, Teori Ekologis dan Teori Sosio-behavioristik. Di dalam Islam kepemimpinan sudah dikenal sejak zaman dahulu. Kepemimpinan di dalam islam dapat dikenal dengan istilah Khalifah. Kepemimpinan dalam perspektif Islam juga dapat dijelaskan dalam Q.S. An-Nisa : 59. Selain itu, dalam menjalankan tugas ada beberapa fungsi kepemimpinan dalam pendidikan, yaitu Fungsi Perencanaan, Fungsi Memandang ke Depan, Fungsi Pengembangan Loyalitas, Fungsi Pengawasan, Fungsi Mengambil Keputusan, dan Fungsi Memberi Motivasi.

Keywords


Islam; Kepemimpinan; Teori

References


Anoraga, P. (2004). Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Abnisa, A.P. (2016). Leadership dalam Kepemimpinan. Jurnal Asy-Syukriyyah. Vol 17.

Athillah, M.A. (2010). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sinn, A. I. A. (2006). Manajemen Syariah Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syarifudin, E. (2021). Teori Kepemimpinan. Jurnal Teori Kepemimpinan. Vol. 12, No. 102. 466.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sukatin, Raudatul Munawaroh, Sherly Marcela, Riri Andriyani, Syarani Margarita, Shannia Putri Sundafa, & Rita Maftuha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.