UPAYA GURU DALAM MEMBINA KARAKTER AUD DI RA AL-MUSLIMAT BANDA ACEH

Muthmainnah, Heliati Fajriah, Khairina

Abstract


Guru merupakan tenaga pendidik yang professional dalam membina, mendidik, melatih, membimbing seseorang menjadi manusia yang berkarakter mulia. Guru memiliki upaya untuk mewujudkan tujuan dalam membina karakter anak didiknya, khususnya Anak Usia Dini. Hasil pengamatan pada guru RA Al-Muslimat Banda Aceh menunjukkan bahwa upaya guru dalam membina karakter belum menunjukkan keberhasilan, khususnya pada karakter disiplin dan religius. Hal ini terbukti dari sikap anak yang belum menerapkan bentuk disiplin dan sikap religius sesuai dengan perkembangan anak. Sebagian besar peserta didik belum mampu; menunggu giliran, menyimpan benda yang telah digunakan/dipakai pada tempatnya, mengucapkan do’a sebelum/sesudah melakukan sesuatu, dan mengucapkan salam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru serta kendalanya dalam membina karakter peserta didik di RA Al-Muslimat Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 3 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan analisis data. Sehingga hasil penelitian menunjukkkan bahwa guru berupaya membina karakter anak di RA Al-Muslimat Banda Aceh dalam bentuk; membiasakan, memberi motivasi, dan tantangan untuk membina budaya antri, meletakkan benda pada tempatnya, mengucapkan salam, dan membaca do’a. Adapun kendala yang menyebabkan pembinaan karakter tidak maksimal, yaitu kurangnya kerjasama antara guru dan orangtua dalam pembinaan karakter AUD.

Keywords


Upaya Guru; Membina Karakter AUD

References


Abdul Majid dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya.

Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Albi Anggit. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa barat: CV Jejak.

Basrowi & Suwandi. 2008. Memehami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, Jakarta: Alfabeta.

Johni Dimyati. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada PAUD, (Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Lulu Ramadhani. 2020. Upaya Guru dalam Menanamkan Karakter terhadapAnak Usia Dini di Kelompok A Islamic Daycare & Preschool, Prosiding Pendidikan PAUD, ISSN 2460-6421.

Pupuh Fathurrohman. 2007. Startegi Belajar Mengajar, Bandung: Reffika Aditama.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kuliatatif, Bandung: Alfabeta.

Sulistiawati. 2020. Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di TK Al-Khairaat, Jurnal Pendidikan Anak: Ana’ Bulava, Vol. 1, No. 2.

Sumadi Surya Brata. 2010. Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Wali Pers.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pedagogia

Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis), Jakarta: Asdi Mahasatya.

Tadkiroatun Musfiroh. 2008. Pengembangan Karakter Anak melalui Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Wibowo, Agus, dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi & Karakter Guru, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muthmainnah, Heliati Fajriah, Khairina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.