PERBEDAAN INDIVIDU DAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

Umar Bin Abd. Aziz, Salami Mahmud, Mislinawati, Dewi Fitriani

Abstract


Setiap manusia itu unik baik secara individu maupun secara kelompok. Faktor internal seperti hereditas (bawaan lahir) dan faktor eksternal seperti lingkungan merupakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perbedaan individu. Dalam pendidikan, faktor-faktor ini sangat berperan dan memiliki pengaruh terhadap perkembangan dan gaya belajar peserta didik. Gaya belajar merupakan kumpulan karakteristik pribadi yang membuat suatu metode pembelajaran efektif untuk beberapa orang tapi tidak efektif untuk orang lain. Karakteristik visual learner lebih menyukai proses pembelajaran yang dapat dilihat. Menyukai instruksi tertulis, foto dan ilustrasi. Gaya belajar auditori menyukai informasi yang didengar atau diucapkan. Auditory learner dapat belajar dengan mudah melalui ceramah, tutorial, diskusi kelompok dan aktif berbicara. Gaya belajar kinestetic menyukai pada pengalaman dan latihan phisik baik itu bentuknya simulasi atau kegiatan nyata. Metode pembelajaran yang terbaik adalah yang mempertimbangkan perbedaan individu dan gaya belajar peserta didik.


Keywords


Perbedaan Individu; Gaya Belajar; Teknik Pembelajaran.

References


Ariesta Kartika Sari, (2014). Analisa Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014, Jurnal Ilmiah Edutic/Vol.1, No.1. Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura.

Bisyri Abdul Karim, (2020). Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu, Education and Learning Journal, Vol. 1, No. 1. Makasar: Universitas Muslim Indonesia.

Bob Samples, (2002). Revolusi Belajar untuk Anak. Bandung: Kaifa

Bobbi Dc Porter & Mike Hernacki, (1999). Quantum Learning: Unleashing the Genius in You (New York: Dell Publishing), Terjemahan Alwiyah Abdurrahman, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan (1992).

Gunawan, Adi W, (2006). Genius Learning Strategi. Jakarta: Pustaka Utama.

Gardner, H. (1983). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. New York: Basic Books.

Luluk Nur Mufidah, (2017). Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak, Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, Vol. 1, No. 2. Tulung Agung: IAIN

Mislinawati. Perencanaan Pembelajaran, Penerbit: Nuha Medika, 2019 Yogyakarta

M Nur Ghufron dan Rini Risnawita, (2012). Gaya Belajar: Kajian Toritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mansour Fakih, (2012). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muh. Rais, (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Berbasis Prezi dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Mengingat Konsep, Jurnal Mekom, Vol.2 No.1. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Nasution, S. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Pusvyta Sari, (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Gaya Belajar yang Tepat dalam Pembelajaran, MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 1. Lamongan: Institut Pesantren Sunan Drajat

Rena Agustina dan Harun Sitompul, (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1.

Richard Bandler and John Grinder, (1982). Reframing: neuro-linguistic programming and the transformation of meaning, Utah, Real People Press.

Sarlito Wirawan Sarwono, (1991). Pengantar Umum Psikologi (Cet. VI), Jakarta: Bulan Bintang.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Teluk Dalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Siberman, Melvin L. (2014). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugihartono, dkk., (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sulistiana, Sriyono, Nurhidayati, (2013). Pengaruh Gender, Gaya Belajar dan Reinforcement Guru Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Purworejo Tahun Pembelajaran 2012/2013. Radiasi.Vol.3.No.2, Purworejo: Universitas Muhammadiyah

Tribagus Kuncoro Sakti, Nanis Hairunisya dan Imam Sukwatus Sujai, (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 28, Nomor 1. Tulungagung:

Winkel.WS, (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Umar Bin Abd. Aziz, Salami Mahmud, Salami Mahmud, Dewi Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.