PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Sistem drilling yang diterapkan disekolah melalui metode hafalan terlalu menuntut anak agar dapat membaca, menulis dan berhitung dengan cepat sehingga anak merasa terkekang tanpa merasakan kebebasan dalam belajar. Pembelajaran berdiferensiasi sangat menghargai keragaman kemampuan anak dan memberi kebebasan anak dalam proses belajar. Hal tersebut dapat diimplementasikan dengan kurikulum merdeka di jenjang PAUD yang memiliki sistem merdeka bermain. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan literatur yang terkait dengan topik penelitian. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari jurnal, conference, review, laporan, buku, dan lain sebagainya yang bersifat informatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pembelajaran berdiferensiasi pada pendidikan anak usia dini memiliki tiga elemen penting yaitu konten, proses dan produk yang dikembangkan oleh Pendidik. Tiga elemen ini membantu proses pembelajaran dengan cara pendidik menyiapkan perangkat pembelajaran, dengan menyesuaikan minat anak dan sesuai profil belajar peserta didik; 2) Konsep pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan karakteristik pembelajaran dalam kurikulum merdeka dan bervalue modern. Dimana karakteristiknya bertumpu pada pengembangan karakter individu dan berpusat padaanak. 3) Prinsip pembelajaran berdiferensiasi mengupayakan fungsi pendidik berjalan secara optimal dalam memfasilitasi peserta didik baik sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran. 4) diketahui pembelajaran berdiferensiasi dapat diimplementasikan pada pendidikan anak usia dini, dimana konsep, karakteristik, dan prinsip pembelajarannya bersesuaian dengan gagasan kurikulum merdeka. Selain itu, tantangan pembelajaran berdiferensiasi ialah menitikberatkan pada peran pendidik, sehingga mengharuskan tenaga pendidik memiliki kompetensi yang memadai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade Sintia Wulandari. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman.” Jurnal Pendidikan Mipa 12, no. 3 (2022): 682–689.
Afdhilla, Alfien Baddrin, and Syarizal Agam Mahendra. “Mengembangkan Multiple Intelligences Dengan Bermain Pada Anak Usia Dini.” Jurnal CARE 7, no. 1 (2020): 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD.
Aminuriyah, Siti, Markhamah, and Sutama. “Pembelajaran Berdifferensiasi : Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik.” Jurnal Mitra Swara Ganesha 9, no. 2 (2022): 89–100. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2153.
Anik Lestariningrum. “Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD.” PG-PAUD-FKIP-Universitas Nusantara PGRI Kediri (n.d.): 179–184.
Ardiana, Reni. “Implementasi Media Pembelajaran Pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (December 20, 2021): 20–27. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/47.
Asrilla Yulisar, Niffa, Hibana Hibana, and Siti Zubaedah. “Pembelajaran Calistung: Peningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Kelompok B Di TK Angkasa Tasikmalaya.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 17–30.
Ayundasari, Lutfiah. “Implementasi Pendekatan Multidimensional Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka.” Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajaran: Sejarah dan Budaya 16, no. 1 (2021): 225–234. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/.
Dewiastri, Agda Rizqan, Elan Elan, and Edi Hendri Mulyana. “Rancangan Rencana Kegiatan Pembelajaran Berorientasi Pada Sains Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Mengomunikasikan Anak Usia Dini.” Jurnal Paud Agapedia 4, no. 1 (2020): 50–70.
Dzulkifli, Dzulkifli, and Ummi Masrufah Maulidiyah. “Alat Permainan Edukatif Flashcard Alfabet Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Motoric 6, no. 1 (2022): 344–350.
Endang Komara. “Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21.” SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education 4, no. 1 (2018): 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan.
Fahmi, Fahmi, Muhammad Syabrina, Sulistyowati Sulistyowati, and Saudah Saudah. “Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi Di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 931–940.
Frina Oktalita & Darlin Rizki. “Analysis of MUI Fatwa Number 17 of 2020 Regarding Kaifiat Prayer Guidelines for Health Workers Who Wear Personal Protection Equipment (PPE) When Treating and Handling Covid-19 Patients.” Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam 6, no. 2 (2021): 247–270.
Hamidah, Hamidah, Iwan Junaedi, Mulyono Mulyono, and Jaka Wijaya Kusuma. “Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika Di Jepang Dan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) 7, no. 2 (2021): 95.
Hasanah, Fitria Fauziah, and Muhammad Abdul Latif. “Teknik Ceklis Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Di RA Insan Mulia Bambanglipuro.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4, no. 4 (2019): 35–42.
Hastuti, Isnaini Budi, Tri Asmawulan, and Qonitah Faizatul Fitriyah. “Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain Di PAUD Inklusi Saymara” 6, no. 6 (2022): 6651–6660.
Herwina, Wiwin. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35, no. 2 (2021): 175–182.
I Kadek Mustika. “Optimalisasi Tes Diagnostik Berbasis It Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Bali Pada Kurikulum Merdeka.” Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra 12, no. 2 (2022): 13–22.
Kemendikbud RI. “Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2021).
Nofianti, R. “Inovasi Media Pembelajaran Cerita Bergambar Dalam Upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini PAUD Ummul Habibah Kelambir V Medan.” Jurnal Iliah Abdi Ilmu 12, no. 2 (2019): 112–118.
Nurjanah, Siti. “Objek Asesmen Dalam Perspektif Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 4, no. 2 (July 14, 2021): 85–91. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/3607.
Octaviani, Srikandi, and Ika Wulandari Utamining Tias. “Peningkatan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswi PGPAUD Pada Kelas Microteaching Melalui Metode Drill and Practice.” Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2022): 81–100.
Pamela, Issaura Sherly, Faizal Chan, Yantoro, Viradika Fauzia, Endang Putri Susanti, Aeron Frimals, and Oka Rahmat. “Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas.” Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2019): 27. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6512.
Prianti, Dkk. “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 8 (2022): 238–244.
Puspitasari, Verdiana, Rufi’i, and Djoko Adi Walujo. “Pengembangan Perangka Pembelajaran Dengan Model Doferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran BIPA Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam.” Jurnal Education and development Institut 8, no. 4 (2020): 310–319.
Rachman, Sry Anita. “Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar Yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar Di Masa New Normal.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6, no. 3 (2020).
———. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mendukung Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Ilmiah Global Education 2, no. 1 (2021): 104–108.
Rahmawati, Mega, and Edi Suryadi. “Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4, no. 1 (2019): 49.
Ridwan, Muannif, Bahrul Ulum, Fauzi Muhammad, Islam Indragiri, and Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. “Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research).” Jurnal Masohi 2, no. 1 (2021): 42–51. http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/356.
Riskiana, Nova, Agus Sundaryono, and Nurhamidah. “Studi Literature Etnofarmasi , Uji Toksisitas Akut Hydnopytum Sp . Pada Histologi Hati Mencit Dan.” Bencoolen Journal of Pharmacy 1, no. 1 (2021): 1–10.
Rizki, Darlin. “The Role of Indonesian Muslim Entrepreneurs Community for Home Industry Players in Empowering Women During the Pandemic” 4 (2022): 91–103.
Sundari, Weli. “Teknik Penilaian Unjuk Kerja Dan Catatan Anekdot Sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Anak Di PAUD Aisyiyah Cabang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah.” Jurnal Warna 2, no. 2 Desember (2018): 15–28.
Taib, Bahran, and Nurhamsa Mahmud. “Analisis Kompetensi Guru PAUD Dalam Membuat Media Video Pembelajaran.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (2021): 1799–1810.
Trias, Henry, Jatmiko1 Rian, Surya Putra2, Stkip Al, and Hikmah Surabaya. “Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak.” Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 6, no. 2 (2022): 224–232. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/14701.
Wahyuni, Fitri, and Suci Midsyahri Azizah. “Bermain Dan Belajar Pada Anak Usia Dini.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 15, no. 01 (2020): 161–179.
Wardah Anggraini. “Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Di RA.” Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2019): 61–70. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal p-ISSN.
Yuen, Mantak, Serene Chan, Cheri Chan, Dennis C.L. Fung, Wai Ming Cheung, Tammy Kwan, and Frederick K.S. Leung. “Differentiation in Key Learning Areas for Gifted Students in Regular Classes: A Project for Primary School Teachers in Hong Kong.” Gifted Education International 34, no. 1 (2018): 36–46.
Zamrodah, Yuhanin. “Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud).” Jurnal pedagogy 9, no. 2 (2022): 36–41.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nur Cahyati Ngaisah, Munawarah *, Reza Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: