EFEKTIVITAS METODE IQRO’ MODIFIKASI DENGAN TEKNIK PEMBIASAAN DALAM MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH ANAK USIA DINI DI KB PAUD MELATI BANDA ACEH.
Abstract
Pembiasaan dalam Mengingkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Anak
Usia Dini Di KB PAUD Melati Banda Aceh. Metode Iqro‟ modifikasi merupakan
salah satu cara cepat dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyyah dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Iqro‟ modifikasi di
Kelompok Bermain PAUD Melati Banda Aceh dalam mengenal huruf hijaiyyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-experimental one group
pretes-posttes design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok
Bermain PAUD Melati Banda Aceh. Adapun instrumen penelitian ini adalah
lembar tes pre-test dan posttest. Teknik yang digunakan dalam analisis data
adalah pengolahan data tes awal dan tes akhir (pre-test posttest), uji normalitas,
uji homogenitas, pengujian hipotesis dan pengambilan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efektif metode Iqro‟
modifikasi dengan teknik pembiasaan terhadap hasil belajar mengenal huruf
hijaiyyah KB PAUD Melati Banda Aceh. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata
post test 80,625. Dapat dilihat dari hasil analisis data yaitu menggunakan uji t,
serta dilakukan dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan
derajat kebebasan (dk) = 5, di peroleh t hitung = 19,39 dan t tabel = 1,71, sehingga
t hitung > t tabel yaitu 19,39 > 1,71, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal
ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyyah dengan metode
iqro‟ modifikasi lebih efektif di bandingkan sebelum menggunakan metode iqro‟
modifikasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al - Quranul Karim.
Abi Alfiyah, 2015,†Efektivitas Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan
Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas II di MIT- Al-Mabrur Tawangsariâ€,
skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyyah Surakarta.
Khairani, 2015, Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Arab Melalui Media Huruf
Hijaiyyah di Kelompok B TK Al- Qur’an I Samahani, Skripsi Prodi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Bina Bangsa
Getsempena Banda Aceh.
Kurniajaya, I. (2007), Studi Tentang Penggunaan Media Audio Dalam Pembelajaran
Menghafal Al Qur’an. Skripsi. Jurusan KURTEK FIP UPI, Bandung. Tidak
diterbitkan.
Muthmainnah, 2015, Penerapan Permainan Kartu Huruf dalam Meningkatkan
Pemahaman Huruf Hijaiyyah di Kelompok A TK Anzib Lamnyong Banda
Aceh. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP
Bina Bangsa Getsempena.
Sugiono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: