STUDI ANALISIS FAKTOR DAN SOLUSI PERILAKU BULLYING SISWA DI SDN 10 SINTOGA

Zilfadlia Nirmala, Juliana Batubara, Nurfarida Deliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya perilaku perundungan di kalangan siswa dan mengeksplorasi strategi potensial untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Partisipan penelitian ini adalah 6 orang siswa SDN 10 SINTOGA, guru serta masyarakat pengamat lingkungan sekolah.  Fokus dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki elemen-elemen yang berkontribusi terhadap perilaku bullying pada anak-anak dan mengusulkan strategi yang efektif untuk mengatasinya. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan tiga hal penting: pertama, prevalensi perilaku bullying yang sudah mendarah daging di kalangan anak-anak; kedua, adanya kesenjangan fisik antara pelaku bullying dan korbannya yang menjadi katalisator terjadinya bullying; dan ketiga, berlanjutnya tindakan pendisiplinan dari murid yang lebih tua kepada murid yang lebih muda dari generasi ke generasi. Solusi yang diusulkan meliputi penerapan tindakan tegas terhadap pelaku, memberikan pelatihan bela diri kepada anak-anak, memberikan pendidikan berkelanjutan tentang bahaya perundungan, dan menumbuhkan rasa saling menghormati di antara anak.


Keywords


Anak, Faktor, Perilaku Bullying, dan Solusi

References


Amini, Tim Yayasan Semai Jiwa. Bullying: mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Grasindo, 2008.

Amnda, Viola, Septia Wulandari, Suci Wulandari, Saskia Nabila Syah, Yopie Andi Restari, Septina Atikah, dan Z. Arifin. “Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik.” Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah 5, no. 1 (2020): 19–32.

Ariesto, Asdrian. “Pelaksanaan Program Antibullying Teacher Empowerment.” Skripsi: Jakarta. UI. Tidak Dipublikasikan, 2009.

Carroll, Annemaree, Stephen Houghton, Kevin Durkin, dan John A. Hattie. Adolescent Reputations and Risk. New York, NY: Springer US, 2009. https://doi.org/10.1007/978-0-387-79988-9.

Coloroso, Barbara. “Stop bullying (memutus rantai kekerasan anak dari prasekolah hingga SMU).” Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi, 2007.

Engkizar, Engkizar, Indah Muliati, Rini Rahman, dan Alfurqan Alfurqan. “The Importance of Integrating ICT into Islamic Study Teaching and Learning Process.” Khalifa: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2018): 148–68.

Faizah, Firsta, dan Zaujatul Amna. “Bullying dan kesehatan mental pada remaja sekolah menengah atas di banda aceh.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 3, no. 1 (2017): 77–84.

Fransisca Mudjijanti, M. M. “School Bullying dan peran guru dalam mengatasinya.” Krida Rakyat 2, no. 2 (2011).

Hasanah, Faridatul, Chodidjah Kamalludin, dan Kamalludin Kamalludin. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Kota Bogor.” Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 4, no. 2 (2019): 217–22.

Jaafar, Azhar, Syafrimen Syafril, Fuady Anwar, dan Rosniati Hakim. “Impacts of Globalization on Adolescents’ Behavior in Malaysia.” Islamiyyat 41, no. 2 (2019): 3–8.

Lestari, Nurdiyah. “Prosedural mengadopsi model 4D dari Thiagarajan suatu studi pengembangan LKM bioteknologi menggunakan model PBL bagi Mahasiswa.” Jurnal Teknologi 1, no. 1 (2018): 56–65.

Lestari, Windy Sartika. “Analisis faktor-faktor penyebab bullying di kalangan peserta didik (studi kasus pada siswa smpn 2 kota tangerang selatan),” 2016.

Masdin, Masdin. “Fenomena bullying dalam pendidikan.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6, no. 2 (2013): 73–83.

Muhtarom, Taufik, dan Puput Cahyani. “Analisis penyebab, social adjustment, dan dukungan sekolah terhadap siswa slow learner di SDN 1 Ngulakan.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 7, no. 01 (2023): 46–58.

Muspita, Ayu, Nurhasanah Nurhasanah, dan Martunis Martunis. “Analisis faktor-faktor penyebab perilaku bullying pada siswa SD Negeri Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah.” JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling 2, no. 1 (2017). http://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/2057.

Nusantara, Ariobimo. “Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan.” Jakarta: Grasindo, 2008.

Prasetyo, Ahmad Baliyo Eko. “Bullying di sekolah dan dampaknya bagi masa depan anak.” el-Tarbawi 4, no. 1 (2011): 19–26.

Putri, Marizki. “Hubungan kepercayaan diri dan dukungan teman sebaya dengan jenis perilaku bullying di mtsn lawang mandahiling kecamatan salimpaung tahun 2017.” Menara Ilmu 12, no. 8 (2018).

Royanto, L. R. M., dan R. Djuwita. “Peran faktor personal dan situasional terhadap perilaku bullying di tiga kota besar di Indonesia.” Proceding Temu Ilmiah Konfrensi Nasional Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Malang, 2010.

Setyawan, Davit. “Pelaku kekerasan terhadap anak tiap tahun meningkat.” Diakses dari:

Sullivan, Keith. The anti-bullying handbook. Sage, 2010.

Tumon, Matraisa Bara Asie. “Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja.” Calyptra 3, no. 1 (2014): 1–17.

Wulandari, Ratna, Nurhidayatullah Nurhidayatullah, Ana Fitriani, dan Syaifullah Nur. “Pelatihan Anti Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Perundungan Di Smpn 32 Makassar.” Global Journal Devotion 1, no. 1 (2023): 40–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.21033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zilfadlia Nirmala, Juliana Batubara, Nurfarida Deliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.