PENTINGNYA LITERASI BAGI IBU DALAM PENCEGAHAN STUNTING

Tasya Sabila, Niken Ayu Anggraeni, Mega Cahya Dwi Lestari

Abstract


Persoalan stunting menjadi isu kesehatan nasional yang banyak disebabkan oleh rendahnya literasi kesehatan yang dimiliki para ibu. Karya tulis ilmiah ini lebih fokus membahas mengenai fenomena stunting pada anak usia dini serta pentingnya literasi bagi seorang ibu dalam pencegahan stunting. Karya tulis ilmiah ini menggunakan metode tinjauan pustaka dan penulisan deskriptif dengan menggunakan sumber sekunder dan primer.Teknik pengumpulan data dengan tinjauan pustaka ke perpustakan dan pengumpulan buku-buku, bahan-bahan tertulis serta referensi-referensi yang relevan dengan penelitian yang sedang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena tingginya kasus stunting pada anak usia dini disebabkan oleh rendahnya literasi ibu terhadap kesehatan dan persoalan stunting. Literasi berperan penting dalam pencegahan stunting dengan menumbuhkan kesadaran dan kecakapan tindakan para ibu dalam pemberian makanan dan pengasuhan pada anak. Apabila ibu berliterasi maka mereka akan memiliki kesadaran dan kepekaan yang tinggi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak serta memerhatikan asupan gizi pada masa tumbuh kembang anak. Oleh karena itu literasi penting bagi ibu sebagai upaya dalam pencegahan stunting.


References


Bawono Yudho, Oktavianingsih, Evita Sari. (2020) Peran Parenting Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu Terhadap Stunting di Bangkalan Madura. Jurnal Obsesi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 4, No.2)

Dirgahayu Primivita,N. (2015). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Hidup Bersih Sehat Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gonilan Kartasura Sukahardjo. Doctoral Dissertation

Disman, Hardisman, (2019). Empat Dampak Stunting Bagi Anak dan Negara Indonesia. (The Convertion)

Fitroh Fadjriyana Siti, Eka Oktavianingsih (2020). Peran parenting dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu terhadap Stunting di Bangkalan Madura, (Jurnal Obsesi: Jurnal pengebadian Masyarakat Vol 4, No. 2)

Kuncoro.G.Pambayun, (2022) Kartini Tiga Dimensi Antologi Kisah Emansipasi di Masa Pandemi Tentang R.A.Kartini. (Sukoharjo: CV.Oase Pustaka)

Nasry, 2006, Konsep Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Jurnal: Universitas Esa Unggul)

Neherta Mere, (2023) Faktor-Faktor Penyebab Stunting Pada Anak. Indramayu: Penerbit Adab

Nugroho Muhammad Ridho, dkk, 2021, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting Pada Anak Usia Dini di Indonesia, (Jurnal Obsesi: Jurnal pendidikan Anak usia Dini Vol 5 N0 2)

Olviolanda Putri, (2017). Pentingnya penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA, (The 1st Education International Conference Proceedings Center for International Languange Development of Unnisula)

Pranita Ellyvon, 2022 (kompas.com: 2022)

Rahayu, dkk, 2018, Study Guide “STUNTING dan Upaya Pencegahannya” bagi mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, (Yogyakarta: CV Mine)

Rahmi Putri, (2019), Peran Nutrisi Bagi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini,( Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, Vol 05, No.01)

Ramadhani,Awa,(2020) Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Kejadian Stunting, (Jurnal Proseding Seminar Nasional : Universitas Muhammadiyah Purwekerto)

Silas,L.,Rantetampang,A.L.,Tingginehe,R.,& Mallongi,A. (2018). The Factors Affecting Stunting Child Under Five Years in Sub Province Mimika. International Journal Of Science & Healthcare Reasearch Yanti, ND. (2020)

Siswati ,Tri. (2021). Literasi stunting Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Ibu dan Kader Posyandu Desa Umbulrejpo Kepanewon Ponong Kabupaten Gunung Kidul. (Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara,Vol 4, No 2)

Study Guide “STUNTING dan Upaya Pencegahannya” Bagi Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: CV Mine Sutarto. (2018).

Stunting, Faktor Resiko dan Pencegahannya. (AGROMEDIS UNIL, Vol 5 No 1)

Sukardi (2013) Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya (Jakarta: PT Bumi Aksara)

Sutarto, dkk (2018) Stunting, Faktor Resiko dan Pencegahannya. (AGROMEDIS UNIL,Vol 5 No 1)

Uce Loeziana, (2018) Pengaruh Makanan Terhadap Kualitas Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini,( Jurnal Pendidikan Anak Bunayya,Vol 04, No.02.)

Yanti, ND, dkk, (2020) Faktor penyebab Stunting pada Anak: Tinjauan Literatur, (REAL in Nursing Journal (RNJ): Universitas Fort De Cock Bukittinggi,Vol 3, No.1)

Zoolner,J.,You, (2011) Health Literacy is associed With Healthy eating Index Scores and Sugar-Sweetened Beverage Intake: Findings From The Rural Lower Missisippi Delta. Journal Of The ameri




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.22367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tasya Sabila SABILA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.