Volume 11, Issue 2 (2025)
RELEVANSI PENERAPAN GENTLE PARENTING TERHADAP FASE TERRIBLE TWO PADA ANAK
Affiliation Details
  • Debby Adelita Febrianti Purnamasari: Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Abstract

Pola asuh adalah cara orang tua dalam membimbing, mendidik, memfasilitasi anak-anaknya untuk mencapai perkembangan menuju proses pendewasaan. Masih banyak orang tua menerapkan pola pengasuhan yang kurang tepat terutama saat anak memasuki fase terrible two. Hal tersebut menjadi urgensi penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang relevansi penerapan pola asuh gentle parenting terhadap fase terrible two pada anak. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari 15 orang tua, 5 keluarga, dan 3 kerabat terdekat orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yakni adanya relevansi terhadap penerapan pola asuh gentle parenting dengan fase terrible two pada anak, pola asuh tersebut efektif dalam menyikapi fase ini.

16

TOTAL VIEWS

12

DOWNLOADS

ALTMETRICS

References

Anisa Solihat, Inten Risna, Mahsiani Mina Laili, ‘Analisis Pola Asuh Otoriter terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD BKB Kemas Pancasona Desa Ukirsar’, Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 11.1 (2025), 61-70.

Dina Wilda Sholikh, ‘Pendidikan Parenting: Mengembangkan Kemampuan Orang Tua dalam Mendidik Anak’, Education: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17.2 (2022), 178-191.

Dian Sih Miyati, Upik Elok Endang Rasamani, Anjar Fitrianingtyas, ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak’, Jurnal Kumara Cendekia, 9.3 (2021), 139–147

Emy Yuliartina, ‘Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini di Paud Yasin Alsys’, YASIN: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1.1 (2021), 54–64.

Hafifah., C. D. L., Mega, and J.Yendri, ‘Perkembangan Sosial Anak Di TK Ibnu Taimiyah Bukittinggi’, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 10.1 (2024), pp. 141–50

Ismiati, ‘Urgensi Program Parenting Bagi Orang Tua Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan, 1.1(2021), 19–27.

Lubis, Z., A. Erli, M. S. Sutan, and Wulan, ‘Pendidikan Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Anak’, PEMA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1.2 (2021), pp. 92–106

Mohamad Ahyar Ma’arif, ‘Manajemen Mutu Pendidikan’. At-Ta’lim, 2.2, (2016) 39–62.

Nur Aimmatul Aula, Umul Lathifah, ‘Pengembangan Mutu Sekolah Melalui Pendekatan TQM’, Ar- Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2.2 (2021), 37–45.

Ockwell-Smith, S, ‘The Gentle Parenting Book: How to raise calmer, happier childrenfrom birth to seven’, London: Piatkus, (2023).

Ramdani Cepi, Ujang Miftahudin, and Abdul Latif, ‘Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter’, Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 2.1 (2023), 12–20

Siti Chusnul Chotimah, & Harun. ‘Mitigasi Resiko Gadget melalui Pendampingan Orang Tua pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.4 (2022), 2483–2494.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Alfabeta, 2017).

Titik Mulat Widyastuti, Maria Sabina Muwa, ‘Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Kelurahan Purwomartani’, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 11.1 (2025), 35-46