PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN MENJEMUR ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B3 TK ADHYAKSA BANDA ACEH

Heliati Fajriah, Zikra Hayati, Mardi Fitri

Abstract


Pembelajaran yang dilakukan selama ini tidak membuat anak menjadi lebih nyaman dalam belajar. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran hanya memfokuskan pada materi yang diajarkan, sehingga anak tidak memiliki kebebasan dalam belajar. Seharusnya pembelajaran anak usia dini harus menerapkan sistem belajar sambil bermain. Tujuannya adalah agar anak dapat menerima pembelajaran tidak melalui tekanan. Hal ini sangat cocok diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Selama ini anak masih kurang mampu dalam menghitung maupun mengenal angka-angka dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan menjemur angka pada anak kelompok B3 TK Adhyaksa Banda Aceh dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan menjemur angka pada anak kelompok B3 TK Adhyaksa Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru melalui kegiatan menjemur angka pada Siklus I aktivitas guru mencapai 56,7% dengan kriteria “cukup”, dan peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan menjemur angka Siklus I mencapai 59,3% kategori Berkembang Sesuai Harapan. Sedangkan Siklus II aktivitas guru mencapai 83,3% dengan kriteria “baik" dan Siklus II peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan menjemur angka mencapai 76% kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menjemur angka mampu meningkatkan aktivitas guru dan kemampuan berhitung anak melalui permainan menjemur angka.

Keywords


Kemampuan Berhitung dan Permainan Menjemur Angka

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai

Aspek. Jakarta: Kecana.

Depdiknas. (2017). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di

Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdinas.

Desi Wulansari. (2017). Analisis Aktivitas Siswa dan Guru dalam Proses

Pembelajaran IPA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional MPIPA III, http:

www.conference.unsyiah.ac.id/SN-MIPA.

Diana Mutiah. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada

Media Group.

Faizah, Ulifa Rahma dan Yuliezar Perwira Dara. (2017). Psikologi Pendidikan

Aplikasi Teori di Indonesia. Malang: UB Media.

Fitrianti. (2016). Sukses Penelitian Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas.

Yogyakarta: Deepublish.

Lisa. (2017). “Prinsip dan Konsep Permainan Matematika Bagi Anak Usia

Dini”, Jurnal STAIN Malikussaleh Lhokseumawe. 3(1): 93-107.

M Radillah & Khorida. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,Yogyakarta:

AR-RUZZ Media.

Mila Faila Shofa. (2014). “Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia

Dini Melalui Permainan Sandiwara Boneka”,Jurnal Pendidikan dan

Pemberdayaan Masyarakat. 1(1).

Mujiati. (2016). “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui

Penerapan Permainan Berhitung pada Anak Kelompok B1 TK Dharma

Wanita Persatuan Sumberdadap Kecamatan Pucanglabang Kabupaten

Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Artikel Skripsi Universitas

Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Mukhlis. (2015). Pembelajaran Matematika Realistik untuk Materi Pokok

Perbandingan di Kelas VII SMPN Pailangga, Tesis, Surabaya:

Universitas Negeri Surabaya

Mukhtar Latif dkk, (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan

Aplikasinya,(Jakarta: Kencana.

Mulyasa. (2014). Manajemen Paud. Bandung: Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Tentang

Standard Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Nomor 137 Tahun 2014.

Rustam Mundilarto. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen

Pendidikan Pembinaan Pendidikan dan Keterangan Perguruan Tinggi,

Depdiknas.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosuder Penelitian, Suatu Penelitian Praktis.

Jakarta: Bumi Aksara.

Thiharso, A. (2013). Permainan Kreatif Dan Edukatif untuk Anak Usia Dini,

Yogyakarta: Andi Omset

Yuli Fajar Susetyo. (2018). Psikologi untuk Indonesia Tangguh dan Bahagia.

Yogyakarta: Gadjah Muda University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i1.6376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.