KORELASI STATUS GIZI TERHADAP TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT PADA ANAK DI MIN TUNGKOP ACEH BESAR

Zuraini Mahyiddin, Rais Al’Abqary, Zahratul Fajri

Abstract


Sejak beberapa tahun terakhir permasalahan status gizi anak terus menjadi sorotan di negeri ini. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebutkan bahwa prevalensi anak kurang gizi sebesar 17,9 %, anak pendek 35,6 %, dan anak kurus 13,3 %. Kondisi status gizi seperti ini tentu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan, termasuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Baik atau buruknya pertumbuhan dan perkembangan otak anak akan mempengaruhi tingkat intelligence quotient (IQ) anak. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional bertujuan untuk mengetahui pengaruh status gizi terhadap tingkat IQ anak di MIN Tungkop Aceh Besar. Sampel adalah siswa kelas 3 yang berjumlah 60 anak dari total populasi 156 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur tinggi badan, berat badan, mengisi kuesioner terkait biodata dan riwayat penyakit anak, dan tes IQ dengan metode The Coloured Progressive Matrices (CPM). Uji statistik dengan Kolmogorov-Smirnov pada α 0,05 dan Confidence Interval 95% menghasilkan nilai probabilitas (p) 0,525 (p > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh status gizi terhadap tingkat IQ dalam penelitian yang dilakukan

Keywords


Status gizi; Intelligence quotient; Anak

Full Text:

PDF

References


Evans, H. 2018. Laporan Pembangunan Manusia Aceh 2018. UNDP Indonesia:

Jakarta.

Soendoro, T. Masalah Gizi: Salah Satu Penentu Indeks Pembangunan Kesehatan

Masyarakat. http://gizi.depkes.go.id/artikel/masalah-gizi-salah-satu-penentuindeks-pembangunan-kesehatan-masyarakat/ [diakses pada: 13 September

.

Depkes RI. 2018. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018.

Depkes: Jakarta.

Wijaya, AM. Kebutuhan Dasar Anak untuk Tumbuh Kembang yang Optimal.

http://www.gizikia.depkes.go.id/archives/741 [diakses pada: 15 September

.

Imawati.Brain Booster (Nutrisi Pengungkit Otak).

http://www.gizikia.depkes.go.id/archives/717 [diakses pada: 13 September

.

Azwar, S. 2008. Pengantar Psikologi Intelegensi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Volume V. Nomor 2. Juli-Desember 2019│8

Pamularsih, A. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah

Dasar Negeri 2 Selo Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Laporan Penelitian.

http://etd.eprints.ums.ac.id/5923/1/J300060019.PDF [diakses pada: 15

September 2018]




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.