PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA TUTUP BOTOL DI TK MEULATI MON PASONG ACEH BARAT

Muthmainnah, Nurma,

Abstract


Kemampuan kognitif anak perlu dikembangkan sejak dini. Media tutup botol merupakan salah satu sarana untuk dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran konsep bilangan. Hasil observasi di TK Meulati Mon Pasong Aceh Barat ditemukan sebagian besar anak belum sepenuhnya berkembang kemampuan kognitifnya, anak hanya mampu menghafal angka namun tidak dapat mengenal lambang bilangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas guru dan peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media tutup botol. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dengan guru kelas. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B terdiri dari 9 anak. Hasil penelitian pada Siklus I menunjukan bahwa aktivitas guru memperoleh nilai 3.15 dengan kriteria Baik dan kemampuan kognitif anak 51.38 % dengan kriteria Mulai Berkembang (MB). Sedangkan pada Siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 3.65 dengan kriteria Sangat Baik. Sedangkan kemampuan kognitif anak meningkat menjadi 76.16% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dikatakan bahwa media tutup botol dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Keywords


Kemampuan Kognitif; Media Tutup Botol

Full Text:

PDF

References


Aggani Sudono. 2004. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan

Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Ahmad Nizar Rangkuti. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung:

Citapustaka Media, 2015.

Anas Sudijono. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Volume V. Nomor 2. Juli-Desember 2019│93

Barbara Sher. 2009. Smart Play For Kids 101 Permainan dan Outbound yang

Mencerdaskan Anak. Jogjakarta: Bookmarks.

Eny Hidayati dan Hagus Muhayanto. 2016. “Peningkatan Kemampuan

Membilang 1-20 Melalui Permainan Tutup Botol pada Anak

Kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran

Kabupaten Magetan. Jurnal CARE. 2016, Vol 03, No. 2.

Epon Ningrum. 2013. Panduan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:

Putra Setia.

Johni Dimyanti. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Penilaian

Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembina

Pendidikan Anak Usia Dini.

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka

Timur.

Mulyasa. 2014. Manajemen Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor

Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia

Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor

Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia

Dini.

Ratna Juita. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan

Menakar Air di TK Aisyiyah Koto Kaciak Maninjau”. Jurnal Pesona

PAUD. Vol. 1.

Sri Esti Wuryani Djiwandono. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Sudjana. 2015. Metode Statistik. Bandung: Tarsito




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.