FAKTOR DAN KONDISI YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6392Keywords:
Sosial Emosional, Anak Usia DiniAbstract
Artikel ini membahas tentang perkembangan sosial yang merupakan interaksi anak dengan lingkungan. Perkembangan social juga merupakan suatu kematangan dalam hubungan sosial (lingkungan) dan kemampuan bertingkah laku sesuai dengan norma, nilai, atau harapan sosial. Perkembangan emosi anak berkaitan dengan kemampuan dalam memahami perasaan dengan cara mengekspresikan secara tepat. Seperti, ketika anak lapar dia akan meluapkan perasaannya dengan cara menangis. Dengan demikian, dibutuhkan situasi dan kondisi yang mendukung dalam perkembangan social emosional anak usia dini.References
Bahri, Syaiful, dkk. 2006. Psikologi Pendidikan. Banda Aceh: UPT Perpustakaan
Unsyiah.
Hurlock Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Masher, Riana.2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Perkembangannya.
Jakarta: Kencana.
Hurlock Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga. (Hal 241)
Volume V. Nomor 2. Juli-Desember 2019│102
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT
Indeks, 2012.
Downloads
Published
2020-02-13
Issue
Section
Articles