PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AREA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Heliati Fajriah, Dewi Fitriani, Nurainun,

Abstract


Pembelajaran pada anak usia dini memerlukan berbagai macam kegiatan yang dapat memberikan pengarahan pembelajaran yang lebih baik. Kegiatan yang dilakukan selama ini menggunakan pembelajaran klasikal. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Kausar Padang Tiji Pidie dengan menerapkan model pembelajaran area dan (2) untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Kausar Padang Tiji Pidie dengan menggunakan model pembelajaran area. Metode penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan perkembangan kognitif anak tentang kemampuan berpikir simbolik. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas guru 69% dengan kriteria cukup dan perkembangan kognitif anak 65% dengan kriteria pencapaian Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan pada siklus II pada aktivitas guru diperoleh 95% dengan kriteria sangat baik dan perkembangan kognitif anak 91,25% dengan kriteria pencapaian Berkembang Sangat Baik (BSB). Perbandingan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan perkembangan kognitif tentang kemampuan berpikir simbolik anak.

Keywords


Model Pembelajaran Area, perkembangan kognitif

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam

Berbagai Aspeknya. Cet. 3 Jakarta: Kencana.

Al-Bukhari. (2007). Shahih Bukhari,Jilid 2. Penerjemah: Syaikh Muhammad

Fuad Abdul Baqi. Jakarta: Pustaka As-Sunnah.

Anas Sudijono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Anita Yus. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada

Media Grup.

Annisa Eka Fitri,Sri Saarahayuningsih dan Nesna Agustriana. (2017).

Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia

Dini, Jurnal Potensia, PG-PAUD. 2(1): 1-13.

Desi Wulansari. (2017). Analisis Aktivitas Siswa dan Guru dalam Proses

Pembelajaran IPA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional MPIPA III.

Program Studi Magister Pendidikan IPA PPs Unsyiah, Banda Aceh.

Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal

Tarbiyah dan Keguruan Uin Ar-Raniry. Vol III No I Januari-Juni.

John W. Santrock. (2010). Psikologi Pendidikan Edisi ke-2. Jakarta: Kencana.

Khurotun. (2012). Pembelajaran Sistem Area dalam Meningkatkan Minat

Belajar Anak di TK Puewokencono Desa Purworejo. Jurnal Ilmiah PGPAUD IKIP Veteran Semarang.

Magnalia Widyaiswara. (2016). Pengaruh Aktivitas Bermain Estafet terhadap

Perkembanagan Anak Bepikir Simbolik pada Anak Usia 5-6 Tahun di

TK LPM Hadimulyo Metro Pusat Kota Metro Tahun Ajaran

/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ,

Universitas Lampung. Bnadar Lampung.

Modul Pelatihan, Materi Model-model Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam PAI (TK), kementerian Agama R.I. Jakarta.

Muhammad Fadillah. (2012). Desains Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Media.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nyoman Ayu Sukreni, dkk. (2014). “Penerapan Metode Pemberian Tugas

Berbantu Media Balok Untuk Meningkatkan Perkembangan Kogniti

Anak Kelompok B”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Tentang

Standard Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Nomor 137 Tahun 2014.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian, suatu penelitian praktis, Jakarta:

Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Insan

Madani.

Suyadi. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yudrik Yahya. (2011). Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i1.6394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.