PENGENALAN BERHITUNG MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI

LISA -

Abstract


Pembelajaran matematika PAUD diberikan secara bertahap diawali dengan menghitung benda-benda atau pengalaman peristiwa nyata yang dialami anak-anak dalam kehidupan sehari-hari dan berdasarkan pengamatan anak-anak. Pengenalan konsep matematika bagi anak-anak adalah dengan menggunakan bahasa yang sederhana, sehingga anak dapat dengan mudah mengerti apa yang telah disampaikan oleh gurunya. Pengenalan matematika anak usia dini disesuaikan dengan tingkat perkembangan mental anak dan kapan dimulai anak –anak belajar berhitung, dalam mengajarkan belajar berhitung pada anak dapat dimulai dengan hal-hal sederhana seperti : mengenal angka saat meniup lilin ulang tahun, menghitung jumlah makanan yang akan mereka makan, menghitung buah yang ada di kulkas, berhitung dengan mendengarkan lagu-lagu, menghitung saat memakai sepatu, berhitung melalui mainan, melalui aplikasi, dan melalui film. Untuk memudahkan belajar berhitung anak dapat dilakukan beberapa metode yaitu dengan cara bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab, metode pemberian tugas, metode demonstrasi, dan metode eksperimen. Untuk mempermudah anak memahami berhitung melalui penggunaan media visual, media audio, media audio visual, dan lingkungan sekitar.

Keywords


Berhitung, matematika, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Dahar, R. W..(1991). Teori Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga

Erman Suherman. (2003). Strategi Pengajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Herman Hudojo. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM, Inc.

Simister C.J. 2013. Anak-Anak Cemerlang, Jakarta

Sriningsih, N (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini.

Bandung: Pustaka Sebelas

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA,

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v4i2.6805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter