PENGENALAN BERHITUNG MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • LISA - Dosen Jurusan Tadris Matematika IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v4i2.6805

Keywords:

Berhitung, matematika, anak usia dini

Abstract

Pembelajaran matematika PAUD diberikan secara bertahap diawali dengan menghitung benda-benda atau pengalaman peristiwa nyata yang dialami anak-anak dalam kehidupan sehari-hari dan berdasarkan pengamatan anak-anak. Pengenalan konsep matematika bagi anak-anak adalah dengan menggunakan bahasa yang sederhana, sehingga anak dapat dengan mudah mengerti apa yang telah disampaikan oleh gurunya. Pengenalan matematika anak usia dini disesuaikan dengan tingkat perkembangan mental anak dan kapan dimulai anak –anak belajar berhitung, dalam mengajarkan belajar berhitung pada anak dapat dimulai dengan hal-hal sederhana seperti : mengenal angka saat meniup lilin ulang tahun, menghitung jumlah makanan yang akan mereka makan, menghitung buah yang ada di kulkas, berhitung dengan mendengarkan lagu-lagu, menghitung saat memakai sepatu, berhitung melalui mainan, melalui aplikasi, dan melalui film. Untuk memudahkan belajar berhitung anak dapat dilakukan beberapa metode yaitu dengan cara bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab, metode pemberian tugas, metode demonstrasi, dan metode eksperimen. Untuk mempermudah anak memahami berhitung melalui penggunaan media visual, media audio, media audio visual, dan lingkungan sekitar.

Author Biography

  • LISA -, Dosen Jurusan Tadris Matematika IAIN Lhokseumawe
    Dosen Jurusan Tadris Matematika IAIN Lhokseumawe

References

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Dahar, R. W..(1991). Teori Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga

Erman Suherman. (2003). Strategi Pengajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Herman Hudojo. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM, Inc.

Simister C.J. 2013. Anak-Anak Cemerlang, Jakarta

Sriningsih, N (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini.

Bandung: Pustaka Sebelas

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA,

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2018-07-01

Issue

Section

Articles