IMPLEMENTASIKAN MINAT PADA PROSES PEMBELAJARAN

Erhansyah -

Abstract


Implementasi minat seseorang yakni siswa terhadap suatu objek tercermin dari
aktivitasnya. Siswa yang mempunyai minat yang tinggi terhadap sebuah objek
khususnya mata pelajaran tentu akan membangkitkan motivasi dan meningkatkan
rasa keingintahuannya terhadap sebuah mata pelajaran. Minat tentu saja dimiliki
oleh segenap siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran. Tetapi
pemberdayaan minat siswa ini sejatinya harus didorong oleh komponen proses
pembelajaran yang melingkupinya. Sementara motivasi dan rasa ingin tahu siswa
yang tinggi akan meningkatkan pula aktivitas belajarnya terhadap sebuah mata
pelajaran. Dan siswa yang aktivitas belajarnya menguat akan melahirkan
ketercapaian hasil belajar yang maksimal dan dapat mencapai tujuan yang
diinginkan.


Keywords


Minat, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, Teknik Belajar Yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Brigg, Lislie J., Instructional Design and Applications. Englewood, NJ: EducationalTechnology Publication, Inc, 1979.

Crowl, Thomas K., Educational Psychology Window in Teaching. New York: Brownand Benchmark, 1996.

Fajar, Ernie, Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Gagne, Robert M. dan Merey Perkins Driscoll, Essential of Leaning for Instruction. Englewood Cliff. N.J: Prentice Hall, 1988.

Gredler, Margareth E. Mell, Leaning and Instruction: Theory Into Practice. New York : Maemillan, 1986.

Hasaini dan Nur, Himpunan Istilah Psikologi. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1986. Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi.Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

______,Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: RemajaRosda Karya, 2004.

Rooijakkers, Ad., Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Gramedia, 1990.

Rowinszowski, Designing Intructional System Decision Making in Course Planning. New York, Nicholas Publishing, 1981.

Skinner, Charles E., Educational Psychology. Toronto : Prentice Hal, 1976.

Sujana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru, 1988.

Sukardi, E. dan W. F. Maramis, Penilaian Keberhasilan Belajar. Surabaya: Airlangga University Press, 1996.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 1990.

Syaiful Bahri, Psikologi Pendidikan Hasil Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Indra. 2009

Syamsuddin, Abin, Pedoman Studi Psikologi Kepribadian. Bandung : IKIP Bandung, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v4i2.6811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.