KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI JARI ALJABAR USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL JANNAH
DOI:
https://doi.org/10.22373/22ap2p90Keywords:
Jari aljabar, Kemampuan berhitung permulaan, Usia 5-6 tahunAbstract
Anak usia dini berada pada masa perkembangan yang paling cepat disepanjangan kehidupannya. Pada perkembangan ini menjadikan anak-anak mudah untuk dikenalkan tentang cara konsep hitungan matematika dasar, dengan begitu mereka mudah mendapatkan stimulasi yang diberikan dorongan dari lingkungan disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan keterampilan berhitung permulaan, serta melihat manfaat dari berhitung menggunakan konsep jari aljabar di RA MIFTAHUL JANNAH. Observasi ini memperoleh hasil penelitian melalui metode kualitatif dengan teknik proses pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 2 orang guru dan 12 orang anak di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berhitung ialah tahapan dalam mengenalkan pembelajaran jari aljabar kepada anak didalam kelas. Guru yang mengajarkan berhitung dengan konsep jari aljabar menunjukkan anaknya lebih cepat memahami kemampuan berhitung 1-10. Maka perlu adanya penyempurnaan untuk pembelajaran berhitung dengan jari aljabar, yaitu kerjasama orang tua dan guru.
References
Ali, Makhrus, ‘Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengajar’, Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 (2022), 94–111
Ansari, Ulvia, ‘MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DENGAN PERMAINAN KARTU UNO PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN’, Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (2024), 7–13
Dea, Rosaria Gracia, ‘Faktor Perubahan Alih Fungsi Lahan Pertanian Akibat Pembangunan Kawasan Aerotropolis Kulon Progo Dan Dampaknya Terhadap Tata Guna Lahan LP2B , Pemukiman Dan Pariwisata’, Journal of Local Architecture and Civil Engineering, 2 (2024), 50–58 <https://doi.org/10.59810/localengineering>
Gea, Jeni Juniarwati, ‘Keseimbangan Peran Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak’, Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (2023), 101 <https://doi.org/10.24853/yby.7.2.101-108>
Jelita, Aurelia Velan, ‘PENTINGNYA PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK ANAK USIA DINI’, Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu, 8 (2024)
Mangkuwibawa, Hilman, Teti Ratnasih, and Siti Nurul Fathonah Al Karni, ‘Berhitung Permulaan Anak Melalui Metode Jari Aljabar’, in Gunung Djati Conference Series, 2022, xiii, 318–28
Marzuki, Gilang Achmad, and Agung Setyawan, ‘Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak’, Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1 (2022), 53–62
Miftahurrohmah, Linda, and Rachma Hasibuan, ‘Urgensi Pengenalan Bahasa Ekspresif Dan Berhitung Pada Anak Usia Dini’, Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 11 (2024), 50–62
Nasiah, Siti, Marniati Kadir, and Surayawati Surayawati, ‘Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Al-Muna Samarinda’, Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 1 (2021), 153–62
Nurlidiah, Nur, Husnul Husnul Bahri, and Fatrica Fatrica Syafri, ‘Pengembangan Media Jari Pintar (JAPIN) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun’, KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5 (2022), 133 <https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.14102>
Putri, Anisa Dwi, Bella Apriliyanti, Erni Rahmawati, Noneng Wina, and Lidianingsing, ‘Pelatihan Metode Jarimatika Anak Usia Dini Di KB Anggrek Citeungah Desa Cihaur Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi’, Al-Khidmah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2023), 106–14 <https://doi.org/10.51729/alkhidmah.12248>
RISKA, LAILA, ‘PENGGUNAAN PERMAINAN KALKULATOR JARI DALAM MENINGKATKANKEMAMPUAN BERHITUNG PADAANAK USIA DINI DI TK REVA KID’S KEMILING BANDAR LAMPUNG’ (UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022)
Sari, Desi Ranita, Mohammad Zainuddin, and Sa’dun Akbar, ‘Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5—6 Tahun’ (State University of Malang, 2021)
Suci Rahmayani, Nurmia, and Nurbia, ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Bernyanyi’, JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1 (2023), 31–35 <https://doi.org/10.58738/jkp.v1i2.63>
Telaumbanua, Augusni Hanna Niwati, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Industri 4.0’, Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6 (2020), 45–62
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syiran Almudzalifah, Revani Aurellia, Salwa Salsabillah, Yuni Dwi Suryani, Windi Dwi Andika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.