PENGARUH PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTIKA II-1 KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v11i2.31326Keywords:
Uno Stacko, Kemampuan Berpikir Logis, Anak Usia 5-6 Tahun, Stimulasi KognitifAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya stimulasi logika anak melalui media bermain yang terstruktur di TK Kartika II-1 Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak permainan Uno Stacko terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 5–6 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest, karena sesuai untuk mengukur perubahan tanpa kelompok kontrol. Sampel terdiri dari 14 anak yang dipilih dengan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi terstruktur dan dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil menunjukkan peningkatan skor dari 62,36 (pretest) menjadi 85,21 (posttest), dengan signifikansi 0,049 (< 0,05), yang menandakan adanya pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa Uno Stacko efektif menstimulasi kemampuan klasifikasi, analisis pola, dan pemahaman sebab-akibat. Penelitian ini merekomendasikan Uno Stacko sebagai media pembelajaran menyenangkan untuk guru PAUD dan orang tua guna mendukung perkembangan kognitif anak usia dini.
Kata Kunci: Uno Stacko, Kemampuan Berpikir Logis, Anak Usia 5-6 Tahun, Stimulasi Kognitif
References
Ashadi, F. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Al Ihsan Banyuwangi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(1). https://doi.org/10.31537/ej.v6i1.649
Baidha, P. S. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk Fatimah Palembang. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 3(01), 203–210. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v3i01.877
Dewi Niswatul Fithriyah, Yulia, N. M., Suttrisno, Midya Yuli Amreta, & Sanjung Ariesta Utami. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Komunikatif Melalui Permainan Uno Stacko. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 421–428. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.129
Gusliati, P. (2022). Bentuk Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Padang. Jurnal Pelita PAUD, 4(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.830
Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1). https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295
Juairiyah, J., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Emosional Anak Dengan Permainan Uno Stacko. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2095. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2095-2102.2022
Muslim, Ambiyar, Wakhinuddin, Usmeldi, & Arif, A. (2023). The Impact of Problem-Based Learning on Learning Outcomes Using the Effect Size Calculator for T-Test. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(3), 618–633. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i3.59293
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.
Sulistiyono, S. S. W., & Kurnianto, D. (2022). Validity and Reliability of Football School Management Assessment Instruments Based on Quality Management System. Medikora, 21(1), 61–70.
Wahyuni, A. (2023). Bermain Bebas Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Keagamaan, 7(01), 82. https://doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.285
Wijayanti, F. D., & Lestariningrum, A. (2022). Studi Literatur Pengembangan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Digital. Semdikjar, 143–150.
Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91 Usia Dini, 3(1), 78–89 .
Wulandari, A., & Bachtiar, M. Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Penggunaan Permainan Konstruktif Pada Taman Kanak Kanak. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19708
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Hanny Putri Aulia lia, Akmillah Ilhami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.