KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-GIFARI KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9288Keywords:
Kinerja, Guru, Motivasi, BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Taman Kanak-Kanak Al-Gifari Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualiatatif deskriptif dengan sebanyak 8 responden. Sumber datanya diperoleh dari guru dan kepala sekolah serta dokumen lain yang selaras. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumen, sehingga instrumennya ialah peneliti, lembar wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Data penelitian ini berupa data kualitatif dengan tehnik analisis datanya ialah pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa kinerja guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak belum maksimal karena kurang menjalankan tugas dan tanggungjawabnya seperti mendesain program pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan, pelaksanaan proses penilaian. Sisi lain bahwa kinerja guru didukung oleh pribadi guru yang kuat, rasa senang guru kepada anak, kemampuan anak yang cepat berkembang serta, adanya kegiatan peningkatan kompetensi guru. Sedangkan factor yang menjadi penghambatnya ialah kurangnya komunikasi antara kepala sekolah dengan guru, alat peraga yang kurang memadai, gaji guru yang tidak sesuai, guru yang tidak memenuhi kualifikasi, dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung.References
Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD ditinjau dari Kualifikasi Pendidik,
Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 83-88.
Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian
Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Tk Mutiara, Tapos Depok). AWLADY: Jurnal
Pendidikan Anak, 3(2), 28-47.
Azhari, A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Imajinasi
Terhadap Keterampilan Bercerita Pada Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal
Pendidikan Anak, 1(2), 93-111.
Fauziah, I. S., & Habibah, S. (2017). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa
melalui lesson study di kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30-38.
Fip-Upi, T. P. I. P. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung: Imtima.
Fitrah, M. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi
Kasus. Jawa Barat: Jejak Publisher.
Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42.
Hadianti, A. N. (2020). Perspektif Orang Tua Terhadap Profil Lulusan Dan Kinerja
Guru Sebagai Bentuk Kepuasan Pada Taman Kanak-Kanak Terakreditasi Di
Kota Bandung. Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 1(1).
Islamuddin, H. (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Koca, F. (2016). Motivation to Learn and Teacher-Student Relationship. Journal of
International Education and Leadership, 6(2).
Kompri, M. P. (2017). Komponen-Komponen Elementer Kemajuan
Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Nafiqoh, H. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi
Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Tunas
Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi
Bandung, 3(1), 57-75.
Nurussalami, N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi
Kinerja Guru Pada Sd Negeri Siem Kecamatan Darussalam Aceh
Besar. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-12.
Setyowati, D., Samsudi, S., & Raharjo, T. J. (2019). The Effectiveness of Concept
Mapping on Social Skills of Students in Social Learning of Elementary
School. Journal of Primary Education, 8(4), 16-24.
Sumarsih. (2018). Kinerja Guru PAUD Ditinjau Dari Kualifikasi Pendidikan,
Pengalaman Mengajar, Dan Pelatihan, Jurnal Ilmiah Potensia, No. 1, Volume
III, 2018.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Suyanto Slamet. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat.
Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap
Hasil Belajar Ekonomi Di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran
/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,
Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(2), 185-191.
Umar. (2019). Pengantar Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers.