POTENSI LASER (light amplification by stimulated emission of radiation) SEBAGAI PENDETEKSI BAKTERI (Studi awal detektor makanan halal)

hadi kurnia wan

Abstract


Penelitian untuk mengetahui keberadaan mikroorganisme pada sebuah benda merupakan kebutuhan yang sangat penting dilakukan. Bakteri Escericia coli sebagai mikroorganisme patogen banyak ditemukan didalam feses hewan. Penggunaan laser untuk mendeteksi keberadaan bakteri memberikan hasil yang cukup signifikan. Dengan panjang gelombang 532 nm dan 650 nm spektrum spekel bisa ditangkap oleh kamera CMOS 30 fps 12 mp dengan baik, sehingga dihasilkan intensitas kontras yang berbeda. Titik Sampel yang ada bakteri memeiliki nilai kontras yang lebih kecil dibandingkan denghan titik sampel yang tidak ada bakterinya.  Pengukuran intensitas dilakukan dengan menggunakan sofware Matlab 7 dengan arah penyinaran Vertikal dan sudut kamera 450


Full Text:

PDF Remote

References


Ahmadiah Yusro, 2016. Optimasi laser dioda 405 nm untuk penonaktifan biofilm bakteri staphylococus epidermidis. Skripsi, Fisika FST UIN Maulana Malik Ibrahim .Malang.

Harmadi, 2011, Aplikasi Pola Spekel Akusto-Optik untuk Pendeteksian Vibrasi Akustik pada Dental Plaque Biofilm, Disertasi, PPs Universitas Airlangga, Surabaya.

Meli. Dkk, 2013, Analisis pola dan ukuran bulir spekel menggunakan LSI pada lapisan tipis TiO2, jurnal fisika dan aplikasinya, volume 9 no 2.

Pelczar, J. M. dan Chan, E. C. S. 1998.Dasar-dasar Mikrobiologi.UI-Press, Jakarta.

Periassami, 2009. Optical probe in biology. CRC press. New York

Photonic spectra, 2017. The bandwith bottleneck. Laurin Publishing, Sunnyvale.

Shulika oleksiy, 2009. Advanced lasers (laser physics and technology for aplied and fundamental science). Springer. USA

Silvia Galikano, CNN Indonesia | Rabu, 25/05/2016 09:54 WIB

Tippler, P.A. 1991. Fisika Untuk Sains dan Teknik. Erlangga . Jakarta.

Thomas h lee, 2009. The design of CMOS radio frequency integrated circuit. Cambridge

www.hyperphisics.com




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v3i1.3638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro



               

 

Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
P-ISSN 2549-3698
E-ISSN 2549-3701
Published by Electrical and Engineering Education Department, Tarbiyah and Teaching Learning Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
Email: jurnal.circuit@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License
Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.