Analisis kapasitas dan Imperceptibility Proses Penyisipan Pesan Pada Citra Menggunakan LWT dan Metode BPCS

Malahayati Malahayati

Abstract


Salah satu cara untuk melindungi pesan rahasia dari orang yang tidak berhak mengaksesnya yaitu dengan cara menyisipkan pesan rahasia pada suatu wadah penampung, misalnya citra. Pada penelitian ini akan dievaluasi kapasitas pesan rahasia yang dapat ditampung oleh citra, serta tingkat impercebtibility citra yang telah mengandung pesan rahasia. Pesan rahasia akan disisikan pada daerah koefisien wavelet yaitu koefisien aproksimasi (LL) yang diperoleh dengan melakukan Lifting Wavelet Transform(LWT). Metode yang digunakan untuk meyisipkan bit-bit pesan ke dalam piksel citra yaitu metode Bit-Plane Complexity Segmentation(BPCS). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini, citra yang memiliki noise-like tinggi akan memiliki kapasitas yang banyak, akan tetapi tingkat imperceptibility yang kurang.


Keywords


Lifting Wavelet Transform, Bit-Plane Complexity Segmentation

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v3i2.5195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro



               

 

Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
P-ISSN 2549-3698
E-ISSN 2549-3701
Published by Electrical and Engineering Education Department, Tarbiyah and Teaching Learning Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
Email: jurnal.circuit@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License
Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.