Sistem Monitoring aliran air dan Penyiraman Otomatis Pada Rumah Kaca Berbasis IoT dengan Esp8266 dan Blynk

Dani Sasmoko

Abstract


Pertanian berbasis Rumah Kaca sekarang ini banyak kita temukan, pada Rumah Kaca ini sistem penyiraman menjadi sangat penting, proses penyiraman menggunakan selang yang mengalirkan air dari pompa air, akan tetapi kadang kala ketika pompa menyala air tidak sampai pada titik penyiraman.Proses penyiraman yang belum secara otomatis terjadi ketika tanah kering juga menjadi masalah, oleh karena itu di kembangkan sistem penyiraman otomatis dan monitoring aliran air, pada sistem ini menggunakan arduino dan esp8266 sebagai sarana komunikasi ke server blynk yang nanti nya dapat di pantau melalui android. Pada penelitian ini proses monitoring dan penyiraman sukses di lakukan dan dapat tampil pada android sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan. Proses penyiraman di picu oleh kelembaban tanah yang di monitor dengan penggunaan sensor soil moisture, dan aliran air di pantau dengan sensor water flow.


Keywords


IoT, arduino, esp8266, blynk, pertanian

Full Text:

PDF

References


Rena Anggraini Horman




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v4i1.6128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro



               

 

Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
P-ISSN 2549-3698
E-ISSN 2549-3701
Published by Electrical and Engineering Education Department, Tarbiyah and Teaching Learning Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
Email: jurnal.circuit@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License
Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.