Studi Kelayakan Pengoperasian Lanjut Transformator Daya Berdasarkan Sisa Umur Isolasi Menggunakan Pendekatan Arrhenius

Muhammad Ikhsan, Tarmizi Tarmizi

Abstract


Peralatan sistem tenaga seperti transformator daya memiliki umur desain yang ditentukan oleh oleh perusahaan manufaktur sehingga dapat beroperasi dalam kurun waktu tertentu. Namun sejalan dengan pemakaiannya dilapangan, umur transformator daya tersebut dapat berkurang atau bertambah dari umur desainnya. Paper ini mempaparkan perhitungan sisa umur transformator tua (aging) menggunakan pendekatan Arrhenius yang didasari oleh temperatur saat pemeriksaan lapangan dari beberapa kali inspeksi pada tahun 1982, 2013, dan 2014. Transformator yang diukur dalam studi ini memiliki rating 30 MVA dan digunakan pada lingkungan kilang gas alam cair. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, diketahui bahwa transformator tersebut masih layak untuk dioperasikan hingga 17,8 tahun lagi dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Sebagai pendukung keputusan, pemeriksaan eksternal secara visual dan pengukuran earth grounding juga dilakukan.

Kata kunci:

Keywords


Sel transformator daya; umur; Arrhenius; standar IEC; temperatur

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v2i1.761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 CIRCUIT



               

 

Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
P-ISSN 2549-3698
E-ISSN 2549-3701
Published by Electrical and Engineering Education Department, Tarbiyah and Teaching Learning Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
Email: jurnal.circuit@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License
Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.