PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA WORDWALL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENDALIKAN EMOSI PESERTA DIDIK

Ludviana Septentriwati, Yari Dwikurnaningsih

Abstract


Abstract: One of the obstacles to learner development is emotional attitude. This is indicated by the tendency of students not being able to control emotions appropriately according to time and place. The purpose of this study is to improve the ability to control students' emotions. This research uses a mixed method with a sample of students in class VIII H SMP 2 Salatiga. The instruments used are direct observation, interviews, and pre-test and post-test questionnaires of emotion control scale. The data analysis used is descriptive quantitative and qualitative analysis. Test the results of the pre-test and post-test questionnaires using the Paired Samples Test T test which shows the sig value. (2-tailed) of 0.000> 0.050. Thus it can be concluded that classical guidance services through the discovery learning method with wordwall media can improve the ability to control the emotions of students in class VIII H at SMP N 2 Salatiga.

Abstrak: Fungsi pendidikan adalah suatu proses pengembangan kemampuan dan pembentukan karakter peserta didik, salah satu penghambat perkembangan peserta didik merupakan sikap emosional. Hal tersebut ditunjukkan dengan kecenderungan siswa belum mampu mengendalikan emosi dengan tepat sesuai dengan waktu dan tempat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengendalikan emosi peserta didik. Penelitian ini menggunakan mixed method atau metode campuran dengan sampel siswa kelas VIII H SMP 2 Salatiga. Instrument yang digunakan yaitu observasi pengamatan langsung, wawancara, serta angket pre test dan post test skala mengendalikan emosi. Analisi data yang digunakan yaitu analisis kuantitaif dan kualitatif deskriptif. Uji hasil angket pre test dan post test menggunakan uji T Paired Samples Test yang menunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 > 0.050. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal melalui metode discovery learning dengan media wordwall dapat meningkatkan kemampuan mengendalikan emosi peserta didik siswa kelas VIII H di SMP N 2 Salatiga.


Keywords


Emotion Control; Discovery Learning; Wordwall; Classical Guidance.

Full Text:

PDF

References


Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 135–136.

Baihaqi, M. I. F. (2016). Pengantar psikologi kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.

BSNP. (2006). Standar isi: Standar Kompetensi dan Komponen Dasar SMP/MTs. BSNP.

Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68–74. https://doi.org/10.29210/3003244000

Kebudayaan, K. P. (2013). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013. Nuh, M.(2013). Kurikulum.

Kemendikbud. (2016). Pedoman Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP) (DitjenGTK, Ed.).

MILA, M. F. P. (2023). Strategi Layanan Klasikal Sebagai Usaha Peningkatan Kontrol Emosi Peserta Didik. Jurnal Psikoedukasia, 1(2), 434–441. https://journal2.upgris.ac.id/index.php/pedu/article/view/202

Priatmoko, S. D. (2010). Upaya Meningkatkan Pengendalian Emosi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Remaja Di Panti Asuhan Yayasan Al Hidayah Desa Desel Sadeng Kecamatan Gunung Pati Semarang Tahun 2010. Skripsi.

Putri, R. M. R., Sudarno, S., & Octoria, D. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan Media Wordwall terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Surakarta Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun Ajaran 2023/2024). Journal on Education, 6(2), 12302–12313. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5075

Saifuddin, M. A. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Deepublish.

Santoso, A. S. (2008). Modul 10 Kepribadian dan Emosi. Universitas Mercu Buana.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28(1), 12.

Supriatna, M. (2011). Bimbingan dan konseling berbasis kompetensi. Jakarta: Rajawali Pers.

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54622




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v10i1.23308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling
Under Licensed CC-BY-SA
© Published by Prodi Bimbingan Konseling  FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)

 

Indexed By: